Muhadjir: Insiden Ambrolnya Perosotan di Kenpark Tidak Boleh Terulang 

Pengelola tempat rekreasi lain cek fasilitas sebaik mungkin 

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan rasa prihatin atas insiden ambrolnya wahana perosotan kolam renang Kenjeran Park Surabaya.

Hal itu disampaikannya saat menjenguk para korban di RS Soewandhi dan RS Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu (8/5/2022).

"Saya ikut prihatin atas kejadian insiden di Kenjeran Park. Ini tentu saja sesuatu yang tidak boleh terjadi lagi di tempat lain," ucapnya dalam siaran tertulis, Senin (9/5/2022).

1. Insiden serupa tidak boleh terulang di tempat lain

Muhadjir: Insiden Ambrolnya Perosotan di Kenpark Tidak Boleh Terulang Wahana di Kenjeran Park yang ambrol, Sabtu (7/5/2022). Dokumentasi BPBD Kota Surabaya

Muhadjir menegaskan insiden serupa tidak boleh terulang di tempat lain. Dia mengimbau agar para pengelola tempat-tempat rekreasi lain untuk mengecek kondisi fasilitas sebaik mungkin supaya tetap dalam keadaan prima dan siap menerima pengunjung.

"Karena sekarang ini sedang puncaknya anak-anak dan warga berkunjung ke tempat rekreasi tolong betul-betul dicek kondisi dari wahana yang dimiliki. Terutama wahana yang punya risiko supaya dicek seperti kalibrasinya dan dicek standarnya," katanya.

 

Baca Juga: Menko Muhadjir: Biaya Pasien Hepatitis Akut Ditanggung BPJS Kesehatan

2. Wahana yang punya risiko tinggi harus waspada

Muhadjir: Insiden Ambrolnya Perosotan di Kenpark Tidak Boleh Terulang Tempat Hiburan Pantai (THP) Kenjeran akhirnya kembali dibuka. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Muhadjir meminta pengelola tempat rekreasi lebih mengawasi pengunjung dalam menggunakan fasilitas agar tetap mematuhi prosedu, terutama fasilitas yang memiliki risiko bahaya agar lebih diawasi dengan ketat.

Dia mengatakan insiden ini menjadi pelajaran untuk pengelola tempat rekreasi supaya tidak terulang kembali.

"Saya mohon petugas-petugasnya juga mengawasi mereka yang menaiki wahana-wahana itu. Jangan sampai penggunaannya melampaui prosedur yang seharusnya. Apalagi kalau wahana yang punya risiko tinggi. Dan harus betul-betul waspada. Apalagi anak-anak kan banyak ulah saat bermain. Harus diawasi betul," jelasnya.

3. Sebanyak 16 orang menjadi korban ambrolnya perosotan kolam renang di Kenpark

Muhadjir: Insiden Ambrolnya Perosotan di Kenpark Tidak Boleh Terulang Wahana di Kenjeran Park yang ambrol, Sabtu (7/5/2022). Dokumentasi BPBD Kota Surabaya

Sebagai informasi, sebanyak 16 orang menjadi korban ambrolnya perosotan kolam renang di Kenjeran Park (Kenpark) Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu (7/5) siang. 

Dari data petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya, tercatat ada 16 korban dari musibah tersebut sebagian besar adalah anak-anak.

Sebagian besar para korban dirawat di dua lokasi, yakni di di RS Soewandhi dan RS Soetomo, Surabaya, Jawa Timur.

 

Baca Juga: Korban Perosotan Ambrol Kenpark Jadi 17 Orang

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya