Pemerintah Semprot Air dari Atas Gedung Usir Polusi, IDI: Gak Efektif!

Hujan buatan berkala dinilai lebih efektif

Jakarta, IDN Times - Pemerintah berupaya untuk menekan polusi udara khususnya di Jakarta termasuk akan memyemprotkan air berkabut dari gedung-gedung tinggi di wilayah Jakarta.   

Menurut anggota Bidang Kajian Penanggulangan Penyakit Menular PB IDI, Erlina Burhan menilai rencana tersebut tidak efektif karena hanya berdampak di sekitar gedung.

"Kurang efektif saja. Ini juga intervensi di hilir bukan di hulu, sehingga dampaknya amat jangka pendek dan semprotan dari gedung tinggi yang terdampak hanya udara yang di sekitar gedung saja," ujar Erlina saat dihubungi IDN Times, Jumat (25/8/2023).

1. Hujan buatan lebih efektif

Pemerintah Semprot Air dari Atas Gedung Usir Polusi, IDI: Gak Efektif!Ilustrasi Suasana Hujan di Perkotaan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Dokter spesialis paru ini juga menilai penyemprotan tersebut kurang maksimal karena partikel polutan yang berada di ketinggian tersebut tidak semua terjangkau.

"Kalau mau dilakukan, ya hujan buatan yang berkala. Namun ini dampaknya hanya sementara, karena kita tidak melakukan intervensi terhadap sumber penyebab polusi," imbuhnya.

Baca Juga: Menkes Budi Sebut Penyiraman Jalan Tak Efektif Atasi Polusi Udara

2. Skenario semprotan air berkabut dari gedung-gedung tinggi

Pemerintah Semprot Air dari Atas Gedung Usir Polusi, IDI: Gak Efektif!Ilustrasi Jakarta (IDN Times/Sunariyah)

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Sigit Reliantoro mengatakan, operasi teknologi modifikasi cuaca dengan menyemai garam ke lapisan atmosfer masih belum optimal, karena hanya ada sedikit awan hujan akibat musim kemarau panjang.  

"Kami mendiskusikan beberapa teknologi alternatif karena teknologi modifikasi cuaca tidak terbatas dengan pesawat yang menabur garam, tetapi dalam skala mikro misalnya dengan membuat semprotan air berkabut dari gedung-gedung tinggi," ujarnya dikutip dari ANTARA.

3. Pemerintah sedang inventarisasi gedung tinggi

Pemerintah Semprot Air dari Atas Gedung Usir Polusi, IDI: Gak Efektif!Foto aerial suasana kendaraan melintas di Bundaran HI, Jakarta, Senin (14/9/2020) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sigit menuturkan pemerintah saat ini sedang menginventarisasi gedung-gedung tinggi yang potensial untuk dilakukan penyemprotan air berkabut dan menginventarisasi pemilik teknologi tersebut.   

"Teknologi penyemprotan air berkabut tidak bisa menyelesaikan masalah polusi udara seluas Jabodetabek. Oleh karena itu pemerintah pusat akan memilih daerah-daerah prioritas untuk dilakukan kegiatan penyemprotan," imbuhnya.

Baca Juga: Ini Biang Kerok Polusi Udara Jabodetabek Temuan Satgas KLHK

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya