Petugas PPIH Diingatkan Jaga Fisik dan Psikis untuk Layani Jemaah Haji

Petugas PPIH diminta berfikir positif

Intinya Sih...

  • Kementerian Agama memberangkatkan 437 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dari Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur
  • PPIH terdiri dari 108 PPIH kesehatan, 5 PPIH di Kantor Urusan Haji Jeddah, 84 PPIH di Daker Bandara, dan 240 PPIH di Daker Madinah
  •  

Jakarta, IDN Times - Kementerian Agama telah memberangkatkan 437 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dari Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, pada Rabu (8/5/2024) lalu. Mereka dilepas oleh Inspektorat Jenderal Kemenag Faisal Ali Hasyim.

PPIH Arab Saudi 1445 H/2024 terdiri dari 108 PPIH kesehatan, 5 PPIH yang bertugas di Kantor Urusan Haji Jeddah, 84 PPIH bertugas di Daerah Kerja (Daker) Bandara, dan 240 PPIH di Daker Madinah.

Kepala Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah dr. Karmidjono berpesan agar para PPIH Kesehatan menjaga kondisi fisik dan psikisnya, termasuk berpikiran positif.

Baca Juga: Tips Cegah Dehidrasi dan Tak Mudah Pikun bagi Jemaah Haji di Saudi

1. Petugas diingatkan untuk meneguhkan tekad dan niat melayani tamu Allah

Petugas PPIH Diingatkan Jaga Fisik dan Psikis untuk Layani Jemaah HajiMenteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, berada di Arab Saudi untuk mengecek persiapan penyelenggaraan ibadah haji 2024 (dok. Kemenag)

Karmidjono juga mengingatkan kepada para PPIH Kesehatan untuk meneguhkan tekad dan niat.

“Kita ke sana dalam rangka untuk melayani tamu-tamu Allah, berikan yang terbaik, apapun yang telah ditugaskan terima dan tidak pakai mengeluh," pesannya.

2. Petugas harus kompak layani jemaah haji

Petugas PPIH Diingatkan Jaga Fisik dan Psikis untuk Layani Jemaah HajiIlustrasi pemberangkatan jemaah haji NTB tahun 2023 di Bandara Lombok. (dok. Istimewa)

Sedangkan Faisal meminta para petugas PPIH bersatu padu dalam menjalankan tugas agar kepuasaan jemaah haji meningkat.

“Tidak ada kesuksesan tanpa kekompakan. Kepuasan jemaah haji harus meningkat,” katanya.

Faisal juga meminta para petugas menaati aturan, tanpa terkecuali. Dia juga meminta seluruh tugas harus dilakukan.

“Ikuti SOP, patuhi instruktur atau koordinator untuk seluruh tugas-tugas yang akan dilakukan,” kata dia.

3. Cuaca di Arab Saudi panas terik, jaga kesehatan

Petugas PPIH Diingatkan Jaga Fisik dan Psikis untuk Layani Jemaah HajiPelayanan terhadap jemaah haji lansia di Bandara Lombok. (dok. Istimewa)

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas telah meninjau langsung persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024 di Arab Saudi. Yaqut mengatakan, cuaca di Arab Saudi saat ini sangat terik.

"Cuaca sangat panas. Hari ini, 40 derajat. Ini belum puncak. Beberapa hari lalu, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi menyampaikan bahwa suhu di Arab Saudi pada puncak haji bisa mencapai 48 hingga 50 derajat,” ujar Yaqut dilansir dari laman resmi Kemenag, Kamis (9/2/2024).

Oleh karena itu, dia meminta kepada jemaah haji untuk menjaga kesehatan. Menurutnya, kebugaran fisik sangat diperlukan untuk menjalankan rangkaian ibadah haji.

“Saya minta jemaah haji menyiapkan fisik sebaik-baiknya. Haji ini ibadah fisik. Siapkan fisik terbaik. Jangan terlau diforsir. Makan makanan bergizi, vitamin. Ini akan membantu jemaah dalam menjaga stamina,” pesan Menag.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya