Polri Terjunkan 1.800 Personel Amankan Demo Kades di DPR

Masyarakat diimbau cari jalan alternatif

Jakarta, IDN Times - Polisi menerjunkan 1.800 personel untuk mengamankan demo dari asosiasi pemerintah desa seluruh Indonesia (APDESI) di depan Gedung DPR RI di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (5/12/2023).

Kepala Kepolisian Resort Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, menerangkan, Polri menerjunkan anggotanya untuk mengawal dan mengamankan jalannya aksi agar berjalan aman, tertib dan damai sesuai dengan ketentuan Undang Undang penyampaian pendapat di muka umum. 

"Kami menerjunkan 1.800 personel gabungan untuk mengawal aksi ini, fokus keamanan aksi hari ini di depan Gedung DPR/MPR RI. Mengenai pengalihan arus lalu lintas masih bersifat situasional namun demikian kami akan melihat eskalasi di lapangan nantinya," ujar Susatyo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/12/2023).

1. Kapolres minta agar demo berjalan tertib

Polri Terjunkan 1.800 Personel Amankan Demo Kades di DPRWakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menemui asosiasi kepala desa yang berunjuk rasa di DPR. (IDN Times/Melani Putri)

Susatyo mengimbau agar massa untuk tertib dalam menyampaikan aspirasinya, tidak ada massa yang masuk dan menutup jalan tol di depan Gedung DPR/MPR RI. Sementara untuk warga, ia mengimbau agar menghindari kawasan DPR/MPR.

“Silakan sampaikan aspirasi secara tertib dan damai. Untuk warga diharapkan gunakan jalur alternatif agar terhindar dari kepadatan,” jelasnya.

Baca Juga: Orasi di Depan Mahasiswa NTT, Ganjar Cerita Pernah Ditangkap saat Demo

2. Pengamanan dilakukan humanis

Polri Terjunkan 1.800 Personel Amankan Demo Kades di DPRIlustrasi Polisi. (IDN Times/Fitang Budi Adhitya)

Dia juga meminta agar seluruh personel agar melakukan pengamanan dengan persuasif, humanis dan jangan sampai terpancing.

"Semoga aksi hari ini berjalan dengan aman, tertib dan lancar tanpa mengorbankan kepentingan masyarakat lainnya agar esensi penyampaian pendapatnya tersampaikan dengan baik," katanya.

Baca Juga: Polda Metro Kembali Panggil Aiman Witjaksono soal Tudingan Tak Netral

3. Masyarakat imbau cari jalan alternatif

Polri Terjunkan 1.800 Personel Amankan Demo Kades di DPRIlustrasi demo. IDN Times/Mardya Shakti

Sementara Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Dermawan Karosekali, mengimbau para pengendara agar mencari jalur alternatif terkait adanya demo di depan gedung DPR MPR.

"Hari ini tanggal 5 desember 2023, agar masyarakat yang akan melintas dari arah semanggi menuju slipi, agar mencari jalur lain atau alternatif lain, dikarenakan di depan gedung DPR MPR sedang ada penyampaian pendapat," kata Karosekali dalam video yang diunggah akun media sosial X @TMCPoldaMetro.

 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya