PSI Minta Pemprov DKI Cabut KJP Pelajar yang Terlibat Tawuran

Polisi tangkap pelajar yang acungkan celurit

Jakarta, IDN Times - Fraksi PSI di DPRD DKI Jakarta mendorong upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mencabut Kartu Jakarta Pintar (KJP) bagi pelajar yang terlibat tawuran dan tindak kriminal lainnya.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Fraksi PSI DPRD DKI, William A. Sarana, Kamis (16/11/2023). Menurutnya, pencabutan tersebut bukan hanya karena mereka (pelajar) terlibat tawuran, melainkan juga kedapatan membawa senjata tajam.

"Kita tidak bisa membiarkan perilaku tercela dari pelajar-pelajar ini, mereka bukan saja membahayakan diri dan sesama siswa di sekolah, tindakannya juga sudah meresahkan masyarakat," kata William dalam keterangannya.

1. Pelajar yang terlibat tawuran langsung di-blacklist

PSI Minta Pemprov DKI Cabut KJP Pelajar yang Terlibat TawuranIlustrasi siswa (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

William juga menilai, perlu ada efek jera selain bagi para siswa yang terlibat tawuran, selain penertiban melalui aparat keamanan, pencabutan KJP juga bagian dari upaya solutif, agar kedepannya tidak terjadi lagi peristiwa-peristiwa seperti ini.

"Kami mendorong upaya tegas Pj Gubernur Heru Budi yang akan mencabut KJP bagi siswa yang terlibat tawuran tersebut, bahkan mereka tidak bisa mengajukan KJP lagi di kemudian hari atau blacklist dari daftar KJP," tegasnya.

Baca Juga: Tegas! Heru Budi Cabut KJP 2 Siswa yang Terlibat Tawuran 

2. Edukasi orang tua dan guru perlu dilakukan

PSI Minta Pemprov DKI Cabut KJP Pelajar yang Terlibat TawuranIlustrasi Sekolah. IDN Times/Galih Persiana

Anggota Komisi A DPRD DKI ini menilai tawuran yang dilakukan para siswa tersebut adalah masalah sosial yang sangat mengkhawatirkan dan meminta agar permasalahan tersebut segera diatasi.

Salah satu caranya yaitu edukasi masif kepada seluruh pihak, sehingga potensi tawuran antar siswa bisa diminimalisasi.

"Saya menekankan pentingnya edukasi tidak hanya pada anak-anak, tapi juga guru dan orang tua," tegasnya.

 

Baca Juga: Heru Budi Ancam Akan Cabut KJP Pelajar yang Merokok, Ini Alasannya 

3. Polisi tangkap tiga pelajar di Jakbar

PSI Minta Pemprov DKI Cabut KJP Pelajar yang Terlibat TawuranIlustrasi tawuran. (IDN Times/Sukma Shakti)

Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Barat dan Polsek Kalideres telah menangkap tiga pelajar yang membawa dan mengacung-acungkan celurit di sekitar Perumahan Citra, Pegadungan, Kalideres.

"Mereka kami amankan tak lama kurang dari 1x24 jam setelah kami menerima informasi adanya aksi meresahkan para pelajar tersebut," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Metro Jakarta Barat Kompol Andri Kurniawan dikutip dari ANTARA.

Aksi para pelajar tersebut direkam oleh pengguna jalan karena dinilai mengganggu dan meresahkan warga sekitar. Rekaman tersebut kemudian viral di media sosial (medsos).

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya