Risma Beri Bantuan Rp1 M untuk Korban Banjir di Perbatasan RI-Malaysia

Bupati sebut banjir di Nunukan yang paling parah tahun ini

Kalimantan Utara, IDN Times - Menteri Sosial RI Tri Rismaharini mengunjungi korban banjir di Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, yang merupakan perbatasan RI-Malaysia, Minggu (9/1/2022).

Wanita yang akrab disapa Risma itu mengungkapkan semestinya dia berangkat ke Aceh karena wilayah tersebut juga dilanda bencana banjir bahkan memakan korban jiwa. Namun akhirnya Risma memutuskan mengunjungi warga terdampak banjir di Nunukan.

"Akses ke sini (Nunukan) agak susah namun kebetulan Pak Deddy (Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Deddy Yevri Hanteru Sitorus) ada fasilitas, makanya saya sampai di sini," kata Risma.

1. Banjir yang melanda Nunukan paling parah tahun ini

Risma Beri Bantuan Rp1 M untuk Korban Banjir di Perbatasan RI-MalaysiaBanjir merendam kantor Damkar di Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Minggu (9/1/2022) (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Dalam kesempatan itu, Bupati Nunukan Asmin Laura melaporkan, banjir yang melanda Kabupaten Nunukan tahun ini paling parah sejak 7 tahun terakhir, sehingga berdampak cukup besar pada wilayah tersebut.

"Banjir yang terjadi ini adalah banjir tahunan yang setiap tahun terjadi, dalam setahun itu bisa terjadi 3 hingga 4 kali. Dalam 7 tahun itu ini paling besar sehingga berdampak di 6 kecamatan,” paparnya.

Baca Juga: Banjir dan Longsor Jayapura, 7.005 Warga Terdampak, 7 Orang Meninggal

2. Sebanyak 10 ribu jiwa terdampak banjir

Risma Beri Bantuan Rp1 M untuk Korban Banjir di Perbatasan RI-MalaysiaAnak-anak berenang di tengah banjir yang merendam Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Minggu (9/1/2022) (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Asmin Laura merinci dari 6 Kecamatan terdampak banjir terdari dari 79 Desa, sekitar 3.179 rumah, dan 3.753 Kepala keluarga (KK), serta 10.889 jiwa. Selain itu, banjir telah memporak-porandakan fasilitas umum sehingga mengganggu aktivitas.

"Kita juga sudah menetapkan status siaga darurat,” jelasnya.

3. Kementerian Sosial serahkan bantuan Rp1 milliar

Risma Beri Bantuan Rp1 M untuk Korban Banjir di Perbatasan RI-MalaysiaMenteri Sosial RI, Tri Rismaharini menyerahkan bantuan ke korban banjir di Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Minggu (9/1/2022) (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Asmin menambahkan, Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan melalui kecamatan telah menginstrusikan semua warga yang terdampak banjir untuk mengungsi dan diberikan bantuan sembako.

Dia juga mengatakan pihaknya sudah sering melaporkan ke pemerintah provinsi dan pusat tentang kondisi di wilayahnya namun belum ada tindak lanjut secara signifikan.

“Dengan kedatangan ibu menteri ini bisa meneruskan ke presiden, permasalahan kami di perbatasan saat ini terkait masalah banjir,” ujarnya.

Di akhir kunjungannya, Risma menyerahkan bantuan dari Kementerian Sosial untuk penanganan bencana alam di Kabupaten Nunukan sebesar Rp1.074.713.800 yang terdiri bantuan logistik hingga bantuan lumbung sosial.

Baca Juga: Mensos Risma: Realisasi Bansos PEN 2021 Capai Hampir 98 Persen

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya