Risma Janji Pasang Panel agar Tak Ada  Gelap di Puncak Jaya Papua

Kementerian Sosial kucurkan beragam bantuan di Puncak Jaya

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Puncak Jaya, Papua, dengan membawa sejumlah bantuan yang dibutuhkan masyarakat di sana.

Lokasi kunjungan pertama adalah Sekolah Alkitab Mulia. Di hadapan siswa dan guru yang hadir, Risma mengungkapkan, sebenarnya sudah lama dia ingin ke Puncak Jaya, semenjak menjadi Wali Kota Surabaya, tetapi keinginan itu baru bisa terwujud.

“Kami ada rencana untuk memasang solar panel di beberapa titik. Sehingga anak-anak dapat bermain di rumah karena terang,” ucapnya dalam siaran tertulis, Minggu (14/8/2022).

Baca Juga: Mensos Semangati Anak-anak Indonesia pada Perayaan HAN 2022 

1. Siapa tahu di Puncak Jaya terlahir anak luar biasa

Risma Janji Pasang Panel agar Tak Ada  Gelap di Puncak Jaya PapuaMenteri Sosial Tri Rismaharini Sosial mengunjungi Puncak Jaya/Dok Kemensos

Risma mengajak masyarakat untuk membangun optimisme dan persaudaraan, terutama pembangunan infrastruktur yang berimplikasi pada pembangunan Sumber Daya Manusia.

“Ayok kita bangun. Siapa tahu di Puncak Jaya lahir seorang anak yang luar biasa yang akan menggantikan kami kami semuanya,” kata Risma, memotivasi siswa siswi Sekolah Alkitab Mulia.

2. Risma janji pasang solar panel dan orbit

Risma Janji Pasang Panel agar Tak Ada  Gelap di Puncak Jaya PapuaMenteri Sosial Tri Rismaharini Sosial kunjungi Puncak Jaya/Dok Kemensos

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Risma berjanji akan memasang solar panel di 10 titik dan memasang orbit sehingga anak-anak bisa terhubung dengan internet.

“Untuk itu kami berharap tidak ada lagi gelap. Saya berharap (kepada) Bapak Presiden (agar) semua daerah Puncak Jaya dan daerah lain bisa menjadi terang, sehingga anak-anak bisa bermain pada malam hari dengan tenang,” ucapnya.

3. Kemensos siapkan 17 motor trail listrik

Risma Janji Pasang Panel agar Tak Ada  Gelap di Puncak Jaya PapuaMenteri Sosial Tri Rismaharini Sosial Penyandang Disabilitas serahkan bantuan di Puncak Jaya/Dok Kemensos

Selain itu, Kementerian Sosial juga telah menyiapkan 17 motor trail listrik yang nantinya bisa digunakan untuk distribusi logistik.

“Nanti sudah siap 17 trail motor listrik. Tiap pusat gereja akan pasang charging untuk meng-charge, sehingga gak perlu bahan bakar, gak perlu bensin. Itu kita siapkan untuk mengangkut barang,” kata Risma.

Baca Juga: Kelaparan Akibat Cuaca di Kuyawage, Mensos Risma: Kirim Makanan Segera

4. Kementerian Sosial telah membangun lumbung sosial di Kabupaten Puncak Jaya

Risma Janji Pasang Panel agar Tak Ada  Gelap di Puncak Jaya PapuaMenteri Sosial Tri Rismaharini Sosial kunjungi Puncak Jaya, Papua/dok Kemensos

Mensos juga menyampaikan Kementerian Sosial telah membangun lumbung sosial di Kabupaten Puncak Jaya. Lumbung sosial menyediakan logistik berupa 1.000 paket makanan siap saji, 1.000 pasang pakaian dewasa, 1.000 lembar selimut, 500 pasang pakaian anak, 304 paket makanan anak, dan 3 set tenda serba guna.

Di tempat yang sama, seorang guru di Sekolah Alkitab Mulia, Ibu Miriyam, menyampaikan harapannya kepada Menteri Sosial agar dapat dibantu untuk pembangunan Aula Sekolah Alkitab dan gedung kesehatan. Ia mengaku selama ini setiap penamatan siswa Sekolah Alkitab selalu dilaksanakan di ruang terbuka karena tidak ada aula sekolah.

Risma menanggapi dan berjanji akan membangun aula serta gedung kesehatan, yang disambut tepuk tangan siswa Sekolah Alkitab Mulia. Dalam momen berharga itu, Mensos menyerahkan secara simbolis bantuan sosial senilai Rp503 juta kepada Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda.

Bantuan tersebut berupa makanan ringan dan susu 1.000 paket, pakaian dewasa berupa baju dan celana  1.000 pasang, pakaian anak 1.000 potong, bola sepak 20 buah, raket bulutangkis 20 buah, net bulutangkis 10 buah, shuttlecock 10 tabung, ayunan anak 5 unit, dan perosotan anak 5 unit.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya