Risma Minta Pemda dan Himbara Cairkan Bansos Sebelum Akhir Tahun

Bantuan dicairkan dalam bentuk tunai sebelum 31 Desember

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial Tri Rismaharini meminta pemerintah daerah dan himpunan bank-bank milik negara (Himbara) memastikan pencairan semua bansos. Sebab, kata dia, saat ini sudah memasuki akhir tahun 2021.

Untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Program Sembako, dia mengatakan bisa dicairkan dalam bentuk uang tunai.

"Saya minta pencarian dipercepat. Ini sudah akhir tahun. Besok saya minta semuanya tuntas. Tidak ada penerima manfaat yang belum mencairkan bantuannya," kata Risma di hadapan Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dan pimpinan bank Himbara yang dikutip dari siaran tertulisnya, Senin (27/12/2021).

1. Bansos milik lansia di Trenggalek langsung cair

Risma Minta Pemda dan Himbara Cairkan Bansos Sebelum Akhir TahunMenteri Sosial Tri Rismaharini meminta pencairan BST dipercepat. (dok. Kemensos)

Risma juga meminta petugas bank mencairkan bansos ke keluarga penerima manfaat (KPM) di Desa Melis, Kecamatan Gandusari, Trenggalek.

"Ini yang lansia dikasih kesempatan dulu. Penjenengan gadah KTP ne Bu? Dipun beto KTP nipun? Dipendet sodoyo nggih (Kamu ada KTP kan Bu? Dibawa KTP-nya? Dicairkan semua saja ya bantuannya)," katanya.

Baca Juga: Bansos BPNT Desember Cair, Begini Cara Cek Penerimanya

2. Sebanyak lima KPM terima bansos

Risma Minta Pemda dan Himbara Cairkan Bansos Sebelum Akhir TahunMenteri Sosial Tri Rismaharini menyalurkan bansos di Indramayu. (dok. Kemensos)

Di desa tersebut terdapat lima KPM yang belum mencairkan bantuan. Risma meminta agar semua penerima bisa mendapatkan haknya.

"Njih remen. Matur nuwun Bu Risma (Ya senang. Terima kasih Bu Risma)," kata nenek Sainem (82) salah satu penerima bansos.

3. KPM yang belum menerima bansos berasal dari perluasan program PKH atau BPNT

Risma Minta Pemda dan Himbara Cairkan Bansos Sebelum Akhir TahunMenteri Sosial Tri Rismaharini menyalurkan bansos di Indramayu. (dok. Kemensos)

Risma berpesan agar bantuan yang telah diterima digunakan sesuai keperluan dan ketentuan. Tidak boleh untuk membeli rokok atau keperluan yang tidak sesuai.

Terkait masih adanya KPM yang belum menerima bansos, disinyalir mereka berasal dari perluasan program PKH atau BPNT/Program Sembako yang kurang mendapat informasi secara utuh. Untuk itu, Risma meminta kepada para pendamping PKH dan BPNT untuk menyisir agar mereka dapat menerima bansos sebelum 31 Desember 2021.

4. Penyalurannya diminta tidak melewati 31 Desember

Risma Minta Pemda dan Himbara Cairkan Bansos Sebelum Akhir TahunMenteri Sosial Tri Rismaharini meminta pencairan BST dipercepat. (dok. Kemensos)

Kemensos melalui Inspektorat Jenderal melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Percepatan Penyaluran KKS Program Keluarga Harapan (PKH) dan BPNT/Program Sembako agar penyalurannya tak melewati 31 Desember 2021.

Penyaluran bansos Kemensos diawasi aparat penegak hukum (APH) di 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Kemensos dalam penyaluran bansos melibatkan Kejaksaan Agung RI dan Bareskrim Polri untuk memastikan bisa tepat waktu, tepat jumlah serta tepat sasaran.

Baca Juga: Kemarahan Risma soal Bansos Disebut Anggota DPR Seperti Drakor

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya