Rizieq Shihab Minta Hasil Swab Tak Dipublikasikan, Ini Jawaban Satgas

Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bogor hanya mendata

Jakarta, IDN Times - Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bogor menegaskan tidak akan mempublikasikan data hasil tes swab Pimpinan Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab ke publik.

Ketua Bidang Penegakan Hukum dan Kedisiplinan Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bogor, Agustiansyah, mengatakan Wali Kota Bogor Bima Arya telah mendapat surat dari Rizieq yang isinya keberatan jika hasil tes swabnya dipublikasi.

Untuk itu dia menegaskan hasil swab hanya untuk pencatatan data pasien yang masuk dan dirawat di rumah sakit di Kota Bogor.

"Kami dari Satgas COVID-19 menghargai keberatan pasien. Kami menegaskan, tidak akan mempublikasikan data pasien. Kepentingan kami adalah untuk pencatatan data di Satgas," Agustiansyah, dilansir dari ANTARA, Minggu (29/11/2020).

1. Satgas COVID-19 minta Rizieq jalani tes swab

Rizieq Shihab Minta Hasil Swab Tak Dipublikasikan, Ini Jawaban SatgasSurat pernyataan Rizieq Shihab (Dok. Istimewa)

Agustiansyah menerangkan pihaknya meminta Rizieq yang dirawat di Rumah Sakit UMMI Kota Bogor menjalani tes swab, untuk memastikan apakah kondisinya benar-benar sehat atau terpapar COVID-19.

"Karena, pada kegiatan Rizieq yang dihadiri massa di Petamburan Jakarta pada pekan lalu, kemudian dilakukan tes swab, hasilnya ada sekitar 30-an orang yang dinyatakan positif COVID-19," katanya.

Sementara, di media sosial beredar surat pernyataan yang menyatakan Rizieq tidak bersedia hasil pemeriksaannya tidak dipublikasikan. Surat tersebut ditandatangani Rizieq dengan materai, beserta dua saksi. Salah satunya dari pihak RS UMMI Bogor.

Baca Juga: FPI: Rizieq Shihab Tinggalkan RS Ummi Bogor Sejak Tadi Malam

2. Rizieq diswab oleh dokter pribadinya dari Mer-C

Rizieq Shihab Minta Hasil Swab Tak Dipublikasikan, Ini Jawaban SatgasRizieq Shihab beserta keluarga tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). HRS beserta keluarga kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama tiga tahun. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Agustiansyah menambahkan Tim dari Dinas Kesehatan Kota Bogor telah datang ke Rumah Sakit UMMI, pada Jumat (26/11/2010) siang untuk melakukan pendampingan pelaksanaan tes swab terhadap Rizieq. Namun mendapat jawaban dari Manajemen RS UMMI yang menyebutkan Rizieq telah dites swab oleh dokter pribadinya dari Mer-C.

Pada pada Jumat (27/11) malam, Wali Kota Bogor bersama Kapolresta Bogor Kota dan Dandim 0606 Kota Bogor mendatangi Rumah Sakit UMMI, menanyakan lagi perihal tes swab, karena hal itu adalah amanah dari UU Kekarantinaan Kesehatan untuk memastikan kondisi kesehatan seseorang.

3. Rizieq tidak bersedia swab ulang

Rizieq Shihab Minta Hasil Swab Tak Dipublikasikan, Ini Jawaban SatgasRizieq Shihab menyapa massa yang menjemputnya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). HRS beserta keluarga kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama tiga tahun (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Menurut Agustiansyah, pihak keluarga, menyampaikan bahwa Rizieq sudah di tes swab pada Jumat pagi dan tidak bersedia untuk dites swab ulang.

"Manajemen Rumah Sakit UMMI menjanjikan, hasil tes swab akan keluar pada Jumat malam jam 23.00, tapi kami tunggu sampai Sabtu pagi belum ada hasilnya," katanya.

Namun, pada Sabtu (28/11/2020) Wali Kota Bogor Bima Arya telah mendapat surat dari yang isinya Rizieq keberatan, jika hasil tes swabnya dipublikasi.

Baca Juga: Urung Beri Hasil Tes Swab Rizieq Shihab, RS UMMI Dilaporkan ke Polisi

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya