Rusun Marunda Kesulitan Air Bersih, PAM Ungkap Penyebab dan Solusinya

PAM Jaya tengah membangun reservoir communal

Jakarta, IDN Times - Penghuni Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Marunda, Cilincing, Jakarta Utara  kesulitan mendapatkan layanan air bersih.

Direktur PAM Jaya, Arief Nasruddin, menjelaskan posisi Rusun Marunda yang jauh dari area posisi suplai Cilincing Distribution Center (CDC) membuat tekanan aliran air bersih sangat rendah.

"Karena Rusun Marunda memang jarak paling jauh dari CDC kita, airnya gak sampai karena memang tekanannya tidak sampai, jika tekanan kita tambah lagi kebocoran di air yang lama makin jadi," ujarnya saat dihubungi IDN Times, Jumat (17/2/2023).

 

1. PAM kirimkan 8 truk per hari

Rusun Marunda Kesulitan Air Bersih, PAM Ungkap Penyebab dan SolusinyaForum Masyarakat Rusunawa Marunda dan sekitarnya (F-MRM) menyatakan bahwa saat ini di lingkungan tempat tinggal mereka sedang mengalami pencemaran lingkungan debu batu bara dalam bentuk "flying ash bottom ash" (FABA) atau debu yang terbawa angin berasal dari bongkar muat batu bara di Pelabuhan Marunda, Jakarta Utara (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Arief mengatakan saat ini pihaknya sudah mengerahkan truk tangki air untuk mengisi air di bak penampungan, sehingga dapat disalurkan ke unit rusun tiap penghuni.

"Sementara solusi sementara akan kita jadi 8 truk air per hari," katanya.

Baca Juga: PAM Jaya Resmi Kelola Air di Jakarta, Heru Wanti-wanti Hal Ini

2. Suplai air sementara cukup penuhi kebutuhan warga

Rusun Marunda Kesulitan Air Bersih, PAM Ungkap Penyebab dan Solusinyailustrasi warga isolasi mandiri (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Menurut Arief pasokan sementara 8 truk air per hari yang dikirimkan PAM Jaya bisa mencukupi kebutuhan air bersih warga Rusunawa Marunda.

"Cukup itu kan ada 2 ribu Kepala Keluarga setahu saya, kebutuhan kita membaca ada sekitar 25 kubik per KK," ujarnya.

3. PAM tengah membangun reservoir communal

Rusun Marunda Kesulitan Air Bersih, PAM Ungkap Penyebab dan SolusinyaPAM Jaya ambil alih air bersih di DKI Jakarta. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Selain itu, pihaknya tengah menyiapkan reservoir communal sebagai solusi dalam memenuhi kebutuhan air bersih warga Rusun Marunda. Rencananya, reservoir communal dibangun tidak jauh dari rusun dan kemungkinan dekat dengan STIP Marunda.

"Saat ini kami juga sedang mempersiapkan solusi jangka menengah dengan membuat reservoir communal," ucapnya.

Dia mengimbau agar warga Rusun Marunda  efisien menggunakan air bersih.

"Teman-teman di Rusun agar efisien saja memakai air, kita mencoba maksimal untuk ini untuk pembangunannya selesai," imbuhnya.

 

Baca Juga: PAM Jaya Rekrut 1.097 Pegawai Mitra, Pastikan Pasokan Air Lancar  

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya