SMPN 216 Jakarta Klarifikasi Tentang Video Viral Hina Anak Palestina

Video tuai kecaman berbagai pihak

Intinya Sih...

  • SMPN 216 Jakarta akan memanggil murid dan orangtuanya yang terlibat dalam video menghina Palestina di restoran cepat saji.
  • Empat remaja dalam video bukan siswa SMPN 216, tetapi pengunggah video adalah murid kelas 9 dari sekolah tersebut.
  •  

Jakarta, IDN Times - SMPN 216 Jakarta memanggil muridnya yang terlibat dalam video viral empat orang remaja yang menghina Palestina di sebuah restoran cepat saji. Pemanggilan itu akan dilakukan beserta orangtuanya.

"Kami dari pihak sekolah sudah memanggil yang bersangkutan beserta orangtuanya dan mendesak yang bersangkutan untuk membuat klarifikasi dan permintaan maaf kepada semua pihak yang merasa dirugikan atas perbuatan yang dilakukan," katanya dikutip laman media sosial, Selasa (11/6/2024).

Baca Juga: Viral Video Remaja Menghina Anak Palestina, Ini Respons SMPN 216

1. Pengunggah video hina anak Palestina merupakan murid SMPN 216 Jakarta

SMPN 216 Jakarta Klarifikasi Tentang Video Viral Hina Anak Palestinailustrasi membuat konten video di YouTube (pexels.com/Kyle Loftus)

SMPN 216 menegaskan, empat remaja yang berada di dalam video tersebut bukan peserta didik SMPN 216 Jakarta. Namun, sekolah mengakui bahwa yang mengunggah video tersebut merupakan murid SMPN 216 Jakarta.

"Yang memvideokan dan mem-posting serta pemilik akun Instastory tersebut merupakan salah satu peserta didik kelas 9 SMPN 216 Jakarta yang juga teman dari mereka," tulis SMPN 216.

Baca Juga: Genosida Palestina, Anak-anak Majalengka Sampaikan Pesan Damai

2. Video viral hina anak Palestina dibuat saat hari libur

SMPN 216 Jakarta Klarifikasi Tentang Video Viral Hina Anak Palestinailustrasi menonton video offline TikTok (freepik.com/freepik)

SMPN 216 Jakarta menyampaikan, video tersebut dibuat di luar jam sekolah atau saat hari libur usai mereka pulang dari tempat ibadah 

"Kejadian tersebut terjadi di luar jam sekolah pada hari Minggu siang, 9 Juni 2024, setelah mereka pulang dari tempat ibadah dan makan siang di restoran cepat saji," katanya.

Baca Juga: Menlu Retno Minta Negara D-8 Solid untuk Palestina

3. Empat siswa buat video hina anak Palestina

SMPN 216 Jakarta Klarifikasi Tentang Video Viral Hina Anak Palestinailustrasi (Pixabay.com/hosnysalah)

Diketahui, video yang dibuat para remaja tersebut menuai kecaman berbagai pihak. Pasalnya mereka menjadikan anak Palestina yang merupakan korban kebiadaban Israel sebagai guyonan saat makan di salah satu restoran cepat saji.

Warganet mengatakan, remaja tersebut bernama Anisa Chirania Julianti Kailola dan bersekolah di SMPN 216 Jakarta.

"Bersama teman-temannya menghina anak Palestina, saat makan McD mereka bercanda bahwa sedang memakan darah, tulang, dan daging anak Palestina, sambil menunjuk saus, tulang, dan daging ayam. Ditunggu klarifikasinya!” tulis salah satu akun.

Baca Juga: Hamas: Israel Tidak Menginginkan Perdamaian di Gaza

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya