Sudah Dua Jemaah Haji RI Alami Kaki Melepuh di Tanah Suci

Kasus luka bakar karen tak pakai sandal kasus berulang

Jakarta IDN Times – Kementerian Kesehatan mencatat, sampai saat ini sudah ada dua Jemaah haji yang mengalami luka bakar karena tidak memakai sandal di Tanah Suci.

Dokter spesialis bedah dr Nur Eko Hadi Sucipto Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah mengungkapkan, kasus luka bakar terjadi karena jemaah haji tak memakai sandal. Dan ini merupakan kasus berulang.

Maka itu, dia mengingatkan agar para jemaah untuk patuh terhadap pesan-pesan kesehatan yang disampaikan petugas kesehatan di lapangan.

“Kami tak henti-hentinya mengingatkan dan menyarankan jemaah agar selalu disiplin dalam menerapkan pesan-pesan kesehatan,” katanya dikutip laman Kemenkes, Kamis (9/6/2022).

1. Dua pasien alami kaki melepuh

Sudah Dua Jemaah Haji RI Alami Kaki Melepuh di Tanah SuciSuasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Eko menerangkan, pasien atas nama Basri Tasmin Basyir Arif merupakan jemaah haji embarkasi PDG dan langsung mendapat perawatan kaki melepuh pada Minggu (5/6/2022). Selang dua hari, jemaah haji asal kloter SUB Muhammad Nur Hadi mengalami kasus yang sama.

“Tenaga kesehatan di KKHI langsung melakukan debridement nekrotomi (pembersihan) terhadap luka bakar grade II,” ujarnya.

Baca Juga: Jemaah Haji Asal Surabaya Alami Luka Bakar karena Tidak Pakai Sandal

2. Pasien harus mendapatkan perawatan inap

Sudah Dua Jemaah Haji RI Alami Kaki Melepuh di Tanah SuciSuasana Haji di tengah pandemik COVID-19 tahun 2020 (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Dia menerangkan, jemaah tersebut tiba di KKHI diantar dokter kloter untuk observasi dan mendapatkan perawatan lebih lanjut. Nur Hadi akan dirawat inap di KKHI Madinah selama beberapa hari ke depan.

“Setelah dilakukan debridement dan perawatan luka, kemudian pasien kami lakukan perawatan lebih lanjut rawat inap agar luka cepat membaik,” katanya.

Baca Juga: Mau Nyambel di Arab, Jemaah Haji Lamongan Bawa Cobek

3. Jemaah diimbau tetap pakai sandal

Sudah Dua Jemaah Haji RI Alami Kaki Melepuh di Tanah SuciSuasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Cuaca yang sangat terik ini menyebabkan pelataran masjid Nabawi menjadi panas. Jika dilewati jemaah calon haji tanpa menggunakan alas kaki, pelataran yang panas itu bisa menyebabkan kaki melepuh.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah, Amin Handoyo, mengimbau jemaah calon haji agar tetap menggunakan alas kaki saat berada di pelataran Masjid Nabawi. Alas kaki sangat penting untuk mencegah kulit kaki melepuh akibat panasnya lantai.

"Sandal harus tetap dipakai, nanti dibuka saat di depan pintu masjid," kata Amin, di Madinah, Arab Saudi, seperti dikutip dari laman Kemenag, Selasa (7/6/2022).

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya