Usir Polusi, Pemprov DKI Pasang 166 Water Mist di 134 Gedung 

Penyemprotan jalan juga terus dilakukan

Jakarta, IDN Times - Satuan Tugas Pengendalian Pencemaran Udara (Satgas PPU) Pemprov DKI Jakarta terus memperluas alat penyemprot air bertekanan tinggi dari atap gedung atau water mist di Ibu Kota.

Juru Bicara Satgas PPU Ani Ruspitawati mengatakan sejumlah pemilik gedung telah memasang alat yang akan menyemprotkan butiran air ke udara.

"Sampai dengan 20 Oktober 2023, jumlah watermist yang terpasang sebanyak 166 unit yang berlokasi di 134 gedung, baik gedung pemerintah maupun swasta. Kemudian 32 unit watermist di 24 gedung sedang berproses dan segera dioperasikan untuk memperkuat upaya perbaikan kualitas udara," ujarnya dalam keterangan, Minggu (22/10/2023).

1. Sebaran pemasangan watermist

Usir Polusi, Pemprov DKI Pasang 166 Water Mist di 134 Gedung Pengoperasian water mist generator di atap gedung balai kota DKI Jakarta l, Jumat (1/9/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Ia merinci pemasangan di berbagai wilayah seperti Jakarta Pusat 31 Gedung dengan total 31 unit terpasang, Jakarta Utara enam gedung dengan total tujuh unit terpasang.

Kemudian di Jakarta Barat 41 gedung dengan total 71 unit terpasang, Jakarta Selatan 50 gedung dengan total 50 unit terpasang, Jakarta Timur enam gedung dengan total 7 unit terpasang.

Baca Juga: 6 Alasan Menanam Tanaman Selain Kurangi Polusi Udara

2. Penyiraman jalan di 414 lokasi

Usir Polusi, Pemprov DKI Pasang 166 Water Mist di 134 Gedung Dok. Polres Metro Tangerang Kota

Ani menambahkan seiring penambahan watermist, kegiatan penyiraman jalan-jalan protokol juga terus dilakukan. Penyiraman jalan protokol yang dilakukan oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan tersebar ke 414 lokasi di seluruh wilayah Jakarta

"Jumlah kendaraan yang digunakan sebanyak 433 mobil dan personel damkar yang dikerahkan sebanyak 1.705 orang," bebernya.

3. Penyiraman jalan terus dilakukan

Usir Polusi, Pemprov DKI Pasang 166 Water Mist di 134 Gedung 

Ani menambahkan penyiraman jalan akan terus dilakukan di ibu kota sebagai upaya untuk mengurangi polusi udara.

"Penyiraman jalan ini dilakukan secara paralel dengan proses pemasangan watermist yang dilakukan lebih luas," katanya.

Baca Juga: Kurangi Polusi Mikroplastik, Eropa Usul Larang Pelet Plastik

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya