Viral, Akad Nikah di Temanggung Pakai Jas Hujan Demi Cegah COVID-19

Pandemi virus corona tidak menghalangi ikat janji setia

Jakarta, IDN Times - Kasus virus corona atau COVID-19 tiap hari terus bertambah, bahkan saat ini sudah menyebar di 29 provinsi di Indonesia. Pemerintah menerapkan kebijakan social distancing atau pembatasan jarak antarorang untuk menekan penyebaran virus corona.

Kebijakan ini berimbas pada berbagai aktivitas masyarakat, termasuk resepsi dan akad pernikahan yang terpaksa dibatalkan dan ada juga tetap dilangsungkan. Seperti kejadian di Temanggung, Jawa Tengah, baru-baru ini, pandemi viris corona tidak mengurungkan niat sepasang kekasih mengikat janji seumur hidup.

Bahkan, sepasang pengantin tersebut mengenakan jas hujan saat akad nikah hingga viral di jagat media sosial. Selain pengantin, penghulu, saksi, hingga kerabat yang hadir terlihat memakai masker.

Viral, Akad Nikah di Temanggung Pakai Jas Hujan Demi Cegah COVID-19(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Viral, Wakil Bupati Sidoarjo Ikut Makamkan Pasien Virus Corona 

1. Akad nikah dengan memakai jas hujan

Viral, Akad Nikah di Temanggung Pakai Jas Hujan Demi Cegah COVID-19(Twitter/@NoviaFM)

Foto pengantin gunakan jas hujan berwarna merah tersebut viral setelah akun Twitter bernama @NoviaFm. Pada 26 Maret, dia mengunggah foto ijab kabul disertai keterangan tempat.

"Prosesi akad nikad di tengah wabah. Lokasi: Ngadirejo, Temanggung, Jateng," tulis akun itu.

2. Suhu pengantin pria sempat tinggi

Viral, Akad Nikah di Temanggung Pakai Jas Hujan Demi Cegah COVID-19Petugas melakukan pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) saat penumpang pesawat tiba di terminal 2 Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur, Rabu (22/1/2020). (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Dalam tweet-nya, Novia menjelaskan, pengantin pria berasal dari Wonosobo dan pengantin wanita dari Temanggung. Lucunya, suhu mempelai pria sempat tinggi bukan disebabkan sakit, namun karena belum sarapan.

"Beneran, soalnya yg manten cwo dr wonosobo alias beda daerah dr tmg. Trus pas dicek di puskesmas suhu badannya tinggi. Jebule (ternyata) blom sarapan," cuit @NoviaFM.

3. Ada juga loh yang akad nikah memakai masker dan sarung tangan

Viral, Akad Nikah di Temanggung Pakai Jas Hujan Demi Cegah COVID-19Pernikahan viral (Twitter/@NoviaFM)

Sontak saja unggahan tersebut menuai berbagai komentar warganet,
seperti dari akun Twitter @aylestari_prn yang menulis "Hahaha, pengin nahan tawa tapi susah," balas dia.

Ada juga yang membalas dengan unggahan serupa, seperti akun VinolaPangesti1 yang mengunggah foto pernikahan di Blitar. Nampak dalam foto tersebut penghulu dan pengantin memakai masker dan sarung tangan saat ijab kobul.

"Tempat ku kek gini blitar," tulis Vinola.

Novia kemudian menambahkan bahwa acara ijab kabul tersebut juga didampingi tenaga medis. "Tp ttp waspada, dan itu juga ditmni dr pihak puskesmas," tulis dia.

https://www.youtube.com/embed/1XNhzcvZUL4

Baca Juga: PP Muhammadiyah: Salat Idul Fitri Sunah Karena Pandemi Virus Corona

Topik:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya