Viral Mahasiswi Penerima KIP Hidup Mewah, Kemendikbud Buka Suara

Penerima KIP Kuliah bisa dihentikan tengah jalan

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) buka suara terkait kabar mahasiswa penerima program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, bergaya hidup mewah.

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbudristek, Abdul Kahar memgaku sudah mendapat informasi yang viral di media sosial tersebut.

"Kami juga sudah mendapat informasi itu, dan kami tentunya menyayangkan hal itu," ujar Kahar saat dihubungi IDN Times, Rabu (1/5/2024).

1. KIP Kuliah bisa dihentikan di tengah jalan

Viral Mahasiswi Penerima KIP Hidup Mewah, Kemendikbud Buka SuaraOrangtua calon mahasiswa keluhkan kenaikan biaya kuliah yang tinggi.(IDN Times/Foto : ILustrasi)

Kahar menegaskan regulasi penerima KIP Kuliah sudah diatur dalam Persesjen. Kahar mengatakan dalam aturan tersebut ada ruang untuk melakukan penghentian di tengah jalan.

"Tentu dengan syarat ditemukan adanya anak penerima KIP Kuliah tidak sesuai dengan ketentuan seperti terbukti yang bersangkutan bukan dari keluarga kurang mampu," imbuhnya.

Baca Juga: Viral Mahasiswi Penerima KIP Ternyata Selebgram Bergaya Hidup Hedon

2. Penerima KIP seorang selebgram

Viral Mahasiswi Penerima KIP Hidup Mewah, Kemendikbud Buka Suarailustrasi mahasiswa merayakan kelulusan (Freepik.com/rawpixel)

Sebelumnya mahasiswi yang merupakan penerima bantuan KIP Kuliah dari Universitas Diponegoro jadi sorotan di media sosial Twitter atau X. Mahasiswi yang merupakan selebgram tersebut kerap memamerkan gaya hidup hedon. Padahal, KIP Kuliah diperuntukkan bagi mereka yang kesulitan membiayai pendidikan.

Hal itu merupakan unggahan dari Menfess Undip @undipmenfess pada Minggu (28/4/2024) mengunggah potongan gambar mahasiswi penerimaan KIP yang memamerkan berbagai barang branded.

 “Anak KIP Kuliah bermobil, tas branded, punya usaha, gaya elit," ujarnya.

3. Mengundurkan diri usai viral

Viral Mahasiswi Penerima KIP Hidup Mewah, Kemendikbud Buka SuaraViral mahasiswi penerima KIP selebgram/ss Twitter @digidegu

Salah satu penerima KIP bernama Cantika diketahui seorang selebgram dengan akun Instagram @cantiamje dengan pengikut mencapai 139 ribu orang.

Dalam cuitannya Cantika bahkan mengaku sudah bisa membeli semua barang mewah tersebut di tahun 2023.

"Tahun 2023 adalah tahun gw. Bisa beli semua yang gw pengen dari dulu. HP, device2, sampe tas mahal. Bisa sokong kebutuhan adek-adek gw kayak biaya sekolah sampe kebutuhan tersier. Bisa rutin transfer mamah. No pinjol dan didapat di umur gw yang baru 19," tulisnya di akun X @digxxc.

Usai viral dan panen hujatan, mahasiswi tersebut meminta maaf. Dia pun kemudian mengundurkan diri dari penerima KIP Kuliah.

Baca Juga: Penyebab KIP Kuliah Dicabut, Ini Faktor Masalahnya!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya