Comscore Tracker

Wapres Ingin Bentrok yang Tewaskan 18 Orang di Sorong Tidak Berlanjut

Masyarakat di Papua diharapkan tahan diri

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, prihatin timbulnya bentrokan antarkelompok masyarakat di Sorong, Papua Barat, pada Selasa (25/1/2022) dini hari. Dia berharap tidak menimbulkan kesalahpahaman yang berkelanjutan di masyarakat.

"Wapres prihatin dan apalagi itu korban jiwa sudah cukup banyak. Jadi, wapres berharap pihak keamanan lebih sigap, jangan sampai terjadi secara berkelanjutan," kata Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi, dalam keterangannya dilansir dari ANTARA.

Meskipun bentrokan antarkelompok tersebut bukan berlatarbelakang suku, agama, ras dan antargolongan (SARA), Ma'ruf tetap merasa prihatin, dan berharap kondisi keamanan di Papua selalu terjaga.

"Walau pun itu bukan kerusuhan berlatarbelakang SARA, dan Wapres punya tanggung jawab untuk wilayah Papua itu sejahtera dan juga aman," kata Masduki.

Baca Juga: Polisi Buru Pelaku Bentrok di Sorong yang Tewaskan 19 Orang

1. Pihak kepolisian diminta agar terus berkoordinasi dengan tokoh setempat

Wapres Ingin Bentrok yang Tewaskan 18 Orang di Sorong Tidak BerlanjutANTARA FOTO/Olha Mulalinda

Ma'ruf juga mengajak kepada aparat kepolisian untuk terus berkoordinasi dengan tokoh agama dan tokoh adat setempat, untuk menjaga kondisi keamanan di Tanah Papua.

"Wapres meminta kepada pihak kepolisian untuk lebih jauh terus berkoordinasi dengan tokoh masyarakat, tokoh keagamaan di sana, supaya semuanya jangan sampai terjadi salah paham, supaya semuanya bisa tertangani dengan baik," ujar Masduki.

 

2. Masyarakat diharapkan tahan diri

Wapres Ingin Bentrok yang Tewaskan 18 Orang di Sorong Tidak BerlanjutTerjadi bentrok di Sorong Papua (dok. IDN Times/Istimewa)

Wali Kota Sorong, Lambert Jitmau, mengimbau masyarakat Sorong agar menahan diri, serta menjaga situasi keamanan dan ketertiban di sana pasca-pertikaian yang mengakibatkan 18 orang meninggal dunia pada Selasa dini hari.

"Saya selalu kepala daerah meminta agar kepala-kepala suku lintas Nusantara di kota Sorong menghimbau warganya supaya bersama-sama menjaga situasi keamanan daerah," kata dia.

Baca Juga: Cegah Bentrokan Susulan di Sorong, Polisi Pertemukan 2 Kelompok

3. Sebanyak 18 orang meninggal dunia akibat bentrokan di Sorong

Wapres Ingin Bentrok yang Tewaskan 18 Orang di Sorong Tidak BerlanjutTerjadi bentrok di Sorong Papua (dok. IDN Times/Istimewa)

Jitmau menyampaikan Sorong milik bersama, karena itu dia mengajak masyarakat agar menjaga situasi keamanan, sehingga masyarakat dapat hidup tenteram damai dan sejahtera. Ia pun tidak menyangka peristiwa pertikaian yang memakan 18 korban jiwa ini menggemparkan nasional.

Ia mengharapkan agar peristiwa yang memilukan hati ini tidak lagi terjadi di Sorong, sehingga masyarakat dapat hidup secara tenang. "Mari kita semua bergandengan tangan dan menciptakan situasi Kota Sorong yang aman. Biarkan peristiwa ini ditangani secara profesional oleh pihak Kepolisian," ajak Jitmau.

Peristiwa pertikaian dua kelompok warga di kota Sorong, bermula dari kesalahpahaman di tempat karaoke Doubel0, yang berujung saling serang dan mengakibatkan 18 orang meninggal dunia.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya