Warung di Pasar Rebo Kebakaran, 55 Personel Damkar Diterjunkan

Hati-hati, cuaca  panas bisa picu kebakaran

Jakarta, IDN Times - Kebakaran hebat melanda sebuah warung di Jalan Guru, Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur pada Minggu (23/7/2023) pagi. Puluhan personel Petugas Pemadam Kebakaran diterjunkan ke lokasi.

Melalui akun Instagram @humasjakfire, dikatakan 11 unit mobil damkar meluncur untuk memadamkan api. Saat tiba di lokasi pada 05.11 WIB, api masih berkobar.  

"Pada pukul 05.11, petugas Damkar DKI masih berupaya melokalisir perambatan api dengan pengerahan 55 personel," tulisnya di akun Instagram tersebut.

1. Api berhasil dilokalisir pukul 05.45 WIB

Warung di Pasar Rebo Kebakaran, 55 Personel Damkar DiterjunkanIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Petugas berhasil memadamkan api setelah berjibaku selama 34 menit. Meski demikian, saat ini petugas masih berusaha mendinginkan area kebakaran.

"Api berhasil dilokalisir pukul 05.45 WIB, dan dinyatakan proses pendinginan area dengan cara mengurai material yang terbakar agar tidak menyisakan api maupun asap," imbuhnya.

Sampai saat ini belum diketahui penyebab dan kerugian akibat kebakaran tersebut.

Baca Juga: Cerita Fariz Hasibuan, Cita-cita Terwujud Jadi Pemadam Kebakaran

2. Cuaca panas bisa picu kebakaran

Warung di Pasar Rebo Kebakaran, 55 Personel Damkar DiterjunkanIlustrasi Cuaca (Pixel)

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, mengakui bahwa kasus kebakaran di Jakarta bisa dipicu dari meningkatnya pemanfaatan arus listrik untuk pemenuhan stok barang di tempat usaha seperti pabrik, kios. 

"Cuaca panas yang sempat terjadi beberapa hari lalu juga mempengaruhi meningkatnya kasus kebakaran di Jakarta," kata Satriadi.

3. Damkar DKI gencarkan sosialisasi pencegahan kebakaran

Warung di Pasar Rebo Kebakaran, 55 Personel Damkar DiterjunkanKepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan (IDN Times_Aryodamar)

Ia menambahkan, petugas Gulkarmat DKI Jakarta hingga saat ini terus melakukan sosialisasi kepada warga untuk mencegah kebakaran.

"Kami rutin menggelar sosialisasi atau woro-woro melalui pengeras suara di masjid dan musala untuk mengingatkan warga Jakarta. Hampir 39 ribu lokasi yang telah digelar sosialisasi untuk mencegah terjadinya kebakaran," katanya.

Baca Juga: [QUIZ] Dari Wisata di Jakarta Pilihanmu, Member Aespa Ini Cocok Menemanimu

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya