Waspada, Hujan Deras di Jakarta Picu Pintu Air Manggarai Siaga III

Ketinggian muka air jadi yang tertinggi hari ini

Jakarta, IDN Times - Hujan lebat yang melanda wilayah DKI Jakarta hingga Senin (27/2/2023) pagi, membuat status Pintu Air Manggarai waspada atau siaga III.

"Saat ini pukul 09.00 WIB statusnya Siaga III, ketinggian muka air di Pintu Air Manggarai capai 815 cm," ucap operator Pintu Air Manggarai, Karliyan pada IDN Times, Senin (27/2/2023).

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, Kengerian Pintu 13 Pecah Saat Gas Air Mata Meledak

1. Ketinggian muka air di Pintu Air Manggarai tertinggi hari ini

Waspada, Hujan Deras di Jakarta Picu Pintu Air Manggarai Siaga IIIStatus Pintu Air Manggarai Siaga III Senin (27/2/2023) pukul 09.00 WIB. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Karliyan mengatakan, ketinggian muka air hari ini merupakan tertinggi sejak awal Januari sampai Februari 2023.

"Hari ini sejak 2023, ini tertinggi kemarin bulan Januari masih normal. Pada 25 Februari lalu saat hujan lebat ketinggian 810 saat ini capai 815 centimeter," katanya.

2. Bendungan Katulampa status Siaga III

Waspada, Hujan Deras di Jakarta Picu Pintu Air Manggarai Siaga IIIBendung Katulampa (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Dia memprediksi, kenaikan muka air di Pintu Air Manggarai akan terus berlanjut karena ketinggian muka air Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat, meningkat hingga mencapai 100 cm atau Siaga III pukul 06.00 WIB.

"Diprediksi air kiriman sampai sini (Pintu Air Manggarai) 9 jam atau puncaknya 10 jam lagi jika Jakarta masih hujan deras maka akan naik, namun jika tidak maka surut," imbuhnya.

3. Warga di bantaran sungai diminta waspada

Waspada, Hujan Deras di Jakarta Picu Pintu Air Manggarai Siaga IIIStatus Pintu Air Manggarai Siaga III Senin (27/2/2023) pukul 09.00 WIB. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Untuk itu dia mengimbau pada warga yang ada di bantaran sungai untuk waspada sebab Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan masih akan mengguyur wilayah Ibu Kota.

"Petugas selalu standby selama 24 jam melaporkan Tinggi Muka Air per jam. Selain itu kami imbau warga yang ada di sekitar bantaran sungai agar waspada," imbaunya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya