Waspada, Tiga Kasus Cacar Monyet Ditemukan di Jakarta

Pemprov DKI lakukan kontak tracing

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan menemukan tiga kasus Monkeypox atau cacar monyet di Provinsi DKI Jakarta. Tiga kasus tersebut bukan hasil kontak tracking.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyatakan tiga kasus tersebut merupakan kasus yang terpisah. Saat ini pihaknya masih melakukan konfirmasi terkait riwayat perjalanan ke luar negeri.

"Total ada tiga kasus dan saat ini masih konfirmasi," ujar Nadia saat dihubungi IDN Times, Jumat (20/10/2023).

1. Pemkot DKI masih lakukan tracing

Waspada, Tiga Kasus Cacar Monyet Ditemukan di JakartaSetelah pemakaman tim gugus akan gencarkan tracing kontak pasien RSJD untuk memutus mata rantai penyabaran. (IDN Times/Zulkifli Nurdin)

Sementara, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini masih melakukan penelusuran kontak erat pasien terkonfirmasi cacar monyet di Jakarta, menyusul adanya laporan kasus pada 14 Oktober lalu.

"Kami sedang cari terus tracing kontak eratnya," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ani Ruspitawati saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Gejala Awal Pasien Baru Cacar Monyet di DKI, Apa Saja?

2. Kondisi pasien pertama sudah sembuh

Waspada, Tiga Kasus Cacar Monyet Ditemukan di JakartaIlustrasi Monkeypox (netec.org)

Dia menerangkan kondisi pasien saat ini sudah sembuh meski demikian masih melakukan isolasi di salah satu rumah sakit di Jakarta.

"Ada di salah satu rumah sakit, kita tidak bisa share pokoknya di salah satu rumah sakit, memang kita pendekatan kepada yang bersangkutan agar mau di isolasi agar aman, sekarang kondisinya baik,"katanya.

3. Pasien cacar monyet masih diisolasi

Waspada, Tiga Kasus Cacar Monyet Ditemukan di JakartaIlustrasi ruang isolasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Ani menjelaskan, pasien cacar monyet harus menjalani isolasi diri sampai benar-benar dinyatakan sembuh karena mereka dapat menularkan penyakit tersebut kepada orang lain melalui kontak kulit, kontak luka, cairan tubuh dan kontak seksual.

"Anggota masyarakat yang memiliki riwayat berhubungan seksual dengan penderita cacar monyet dalam tiga pekan terakhir sebaiknya memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan," imbaunya.

Baca Juga: Pahami! Ini Perbedaan Cacar Air dan Cacar Monyet

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya