Anies Tekankan 3 Kerja Sama Penting Pascapandemik di Forum U20

12 pemimpin kota G20 hadir di Jakarta untuk forum U20

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 12 pemimpin kota atau perwakilan dari negara anggota G20 menghadiri pertemuan Urban 20 (U20) secara langsung di Jakarta, pada 30-31 Agustus 2022.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta, menjelaskan pentingnya pertemuan forum U20 karena menjadi ajang saling tukar pikiran, ide dan gagasan untuk menghadapi tantangan global yang semakin kompleks.

Adapun tantangan itu, kata dia, khususnya menyangkut kesiapan pemerintah kota setelah pandemik COVID-19.

Anies menekankan kerja sama tiga bidang utama terkait investasi, energi dan dunia kerja oleh pemerintah kota di Forum Urban (U20) untuk menghadapi tantangan setelah pandemik COVID-19.

"Kota dunia saat ini memiliki peran penting sebagai garda terdepan untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh warga kota," kata Anies di Jakarta, dikutip dari ANTARA, Sabtu (27/8/2022).

 

 

 

1. Fokus kerja sama tiga bidang utama terkait investasi, energi dan dunia kerja oleh pemerintah kota di Forum Urban (U20)

Anies Tekankan 3 Kerja Sama Penting Pascapandemik di Forum U20Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai mengunjungi Kelenteng Hian Thian Siang Tee Bio di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (1/2/2022) (Dok. ANTARA)

Anies merinci tiga bidang utama itu, yakni pertama, investasi di sektor kesehatan dan perumahan rakyat sebagai landasan pemulihan ekonomi dan sosial.

Kedua, mendorong transisi energi berkelanjutan dan akses yang adil untuk mobilitas berkelanjutan dan ketiga, memberikan edukasi dan pelatihan tentang masa depan pekerjaan demi akses pasar kerja yang merata.

Melalui U20, kota-kota yang mewakili negara-negara anggota G20 berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah nasional untuk mengatasi tantangan paling mendesak yang dihadapi dunia, termasuk pemulihan krisis akibat pandemik COVID-19.

Selain soal COVID-19, juga terkait isu darurat iklim dan peningkatan ketimpangan struktural.

Tahun ini, U20 akan berfokus pada isu dan tantangan yang dihadapi oleh kota-kota akibat pandemik COVID-19 sesuai tema yang diangkat adalah Kota Pascapandemi.

Anies menambahkan pertemuan U20 di Jakarta menjadi ajang saling tukar pikiran, ide dan gagasan untuk menghadapi tantangan global yang semakin kompleks dengan lebih baik.

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah U20, Anies Beberkan Komitmen Jakarta Pascapandemik

2. 12 pemimpin kota setingkat wali kota dan gubernur atau perwakilan pemerintah dijadwalkan menghadiri pertemuan U20 di Jakarta

Anies Tekankan 3 Kerja Sama Penting Pascapandemik di Forum U20djpbn.kemenkeu.go.id

Sebanyak 12 pemimpin kota setingkat wali kota dan gubernur atau perwakilan pemerintah dijadwalkan menghadiri pertemuan U20 di DKI Jakarta.

Delegasi itu yakni Wali Kota Los Angeles, Rotterdam, Gubernur Tokyo, wali kota Tshwane di Afrika Selatan, Komisaris dan Administrasi kota Mumbai, serta Wakil Wali Kota Sydney.

Selain itu, perwakilan dari pemerintah Kota Berlin, Sao Paulo, Madrid, Moskow, Buenos Aires dan Istanbul.

Sedangkan 10 delegasi pemerintah kota dijadwalkan hadir secara virtual yaitu Amsterdam, Istanbul dan Izmir keduanya kota di Turki, Johannesburg, Lisboa di Portugal, Milan, Moskow, New York, Osaka dan Roma.

 

3. Jakarta jadi tuan rumah Urban 20 Mayors Summit

Anies Tekankan 3 Kerja Sama Penting Pascapandemik di Forum U20pinterest.com

Jakarta menjadi tuan rumah pertemuan para pemimpin pemerintah kota yang mewakili negara anggota Group of 20 (G20) atau Urban 20 Mayors Summit yang diselenggarakan di sebuah hotel, Jakarta Pusat, 30-31 Agustus 2022.

Nantinya, forum U20 menyampaikan rekomendasi terkait upaya menghadapi tantangan pemerintah kota kepada pemerintah Indonesia yang memegang presidensi G20 pada agenda Konferensi Tingkat Tinggi di Nusa Dua, Bali, 15-16 November 2022.

Baca Juga: PAN Bakal Umumkan Capres di Rakernas, Ada Anies hingga Ganjar

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya