BNN Tangkap Politikus NasDem Sindikat Narkoba Internasional

Barang bukti sabu seberat 105 kg dan ekstasi 30 ribu butir

Jakarta, IDN Times - Badan Narkotika Nasional (BNN) menangkap anggota DPRD Langkat, Sumatera Utara, Ibrahim Hasan. Ibrahim diketahui merupakan bandar narkoba kelas kakap.

BNN menyita barang bukti sabu seberat 105 kg dan ekstasi 30 ribu butir. Semua narkoba itu merupakan milik politikus Partai Nasional Demokrat (Nasdem) tersebut.

1. Jaringan sabu kelas internasional

BNN Tangkap Politikus NasDem Sindikat Narkoba Internasional(Tersangka pemilik dan pengendali narkoba jaringan internasional yang juga anggota DPRD Langkat dari Fraksi NasDem Ibrahim Hasan) ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

Deputi Pemberantasan BNN RI, Irjen Arman Depari mengatakan total jaringan sabu Ibrahim yang dibekuk berjumlah 11 orang. Mereka merupakan jaringan sabu internasional. 

Ibrahim dkk ditangkap pada Minggu (19/8) di tiga lokasi berbeda, yakni di Perairan Aceh Timur, Pangkalan Susu, dan Pangkalan Brandan.

2. Pernah selundupkan sabu ke Malaysia

BNN Tangkap Politikus NasDem Sindikat Narkoba InternasionalIlustrasi (PIxabay/A_Different_Perspective)

Menurut Arman, sebelumnya Ibrahim juga pernah menyelundupkan sabu seberat 55 kg ke Malaysia. Barang haram tersebut dibawa Ibrahim lewat jalur laut tanpa pengawalan. 

"Dia mengaku bahwa saat membawa sabu-sabu itu, dirinya sendirian tanpa ada pengawalan," jelasnya.

3. Sudah dua kali impor sabu dari Malaysia

BNN Tangkap Politikus NasDem Sindikat Narkoba Internasional(Sindikat Narkoba) ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Arman mengatakan, Ibrahim sudah dua kali mengimpor narkoba jenis sabu dari Malaysia. Pertama, ia mengimpor sabu seberat 55 kg. Untuk yang kedua, sabu seberat 105 Kilogram dan pil ekstasi berjumlah 30 ribu butir. Namun, untuk pengiriman kedua diketahui petugas BNN.

"Dia mengaku baru dua kali. Nanti yang lain akan kita lakukan penyelidikan," kata Arman.

Baca Juga: Polisi Tangkap Pilot Dalam dan Luar Negeri yang Pakai Narkoba

4. Transaksi di tengah laut

BNN Tangkap Politikus NasDem Sindikat Narkoba InternasionalIDN Times/Ardiansyah Fajar

Arman mengungkapkan bahwa narkoba kualitas kelas satu tersebut tidak diproduksi di Indonesia melainkan di luar negeri. Namun pengiriman berasal pulau Pinang, Malaysia. Transaksi dilakukan di tengah laut, tepatnya di perairan selat Malaka.

Baca Juga: Polisi Sita 30 Kilogram Sabu Sindikat Internasional Dikendalikan Napi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya