Comscore Tracker

Catat! Jalur Puncak Bogor Ditutup pada Malam Tahun Baru

Kendaraan dilarang melintas karena akan ada car free night

Jakarta, IDN Times - Polres Bogor akan menutup jalur Puncak, Bogor, dari semua jenis kendaraan selama malam Tahun Baru 2020 karena ada penyelenggaraan Car Free Night (CFN).

Kasatlantas Polres Bogor AKP Fadli Amri mengatakan, CFN akan diberlakukan mulai pukul 18.00 WIB pada Selasa (31/12) hingga pukul 06.00 WIB pada Rabu 1 Januari 2020.

“Jadi untuk car free night kita melakukan pembatasan. Pembatasannya sendiri betul kepada (kendaraan) roda empat dan roda dua, namun kita lebih fokuskan kepada roda empat,” ujarnya seperti dikutip dari Antara, Minggu (29/12).

1. Sepeda motor juga dilarang melintas, nanti disiapkan tempat parkir

Catat! Jalur Puncak Bogor Ditutup pada Malam Tahun BaruANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Sementara itu, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono menegaskan bahwa Jalur Puncak harus steril dari kendaraan pada perayaan malam tahun baru. Sehingga yang diperkenankan untuk melintas di jalur sepanjang 22 kilometer itu hanya pejalan kaki.

“Steril dari kendaraan, motor juga gak boleh, semua jalan kaki. Ini steril semua karena kantong-kantong parkir disiapkan,” ujarnya.

Baca Juga: Arus Mudik Libur Natal Arah Cikampek Lancar, Puncak Bogor Macet

2. Mulai pukul 18.00 WIB jalur ke atas maupun ke bawah Jalur Puncak akan ditutup

Catat! Jalur Puncak Bogor Ditutup pada Malam Tahun BaruJalur Puncak Bogor macet parah di musim liburan Natal dan Tahun Baru 2020. Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem buka tutup serta contraflow di Tol Jagorawi untuk mengurai kemacetan. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Ia mengimbau kepada masyarakat yang hendak menghabiskan malam tahun baru di Jalur Puncak, sudah memasuki Jalur Puncak sebelum pemberlakuan CFN. Begitu pula sebaliknya, karena kendaraan yang sudah ada di Jalur Puncak tidak diperkenankan keluar pada saat pemberlakuan CFN.

“Yang di atas tidak bisa turun, pukul 18.00 WIB ditutup baik ke atas atau ke bawah. Saya harapkan masyarakat yang akan berlibur ke Puncak mengikuti terus (informasinya),” kata Istiono.

Dia berharap jajaran Polda Jawa Barat terus konsisten memberikan informasi ke masyarakat mengenai situasi arus lalu lintas di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, seperti halnya melalui media sosial Instagram yang kini perlahan diterapkan.

3. Sehari 36.234 unit kendaraan masuk Jalur Puncak Bogor

Catat! Jalur Puncak Bogor Ditutup pada Malam Tahun BaruANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Sebanyak 36.234 unit kendaraan memasuki jalur Puncak Kabupaten Bogor, Jawa Barat dalam sehari pada masa liburan natal dan tahun baru. Kasatlantas Polres Bogor AKP Fadli Amri menyebutkan bahwa jumlah tersebut berdasarkan rekap kendaraan yang melintas di gerbang keluar Tol Ciawi pada Jumat (27/12).

Jumlah tersebut melonjak dari jumlah kendaraan yang masuk ke Jalur Puncak di hari sebelumnya, yaitu pada Kamis (26/12) yang hanya sebanyak 29.981 kendaraan. Tapi, menurut Fadli lonjakan paling tinggi terjadi pada Senin (23/12) yakni mencapai angka 37.000 kendaraan.

"Di hari biasanya memang di atas 30.000 kendaraan, namun paling tinggi di tanggal 23 Desember 2019 kemarin," ujar Fadli.

Ia memprediksi bahwa volume kendaraan disisa hari menjelang tahun baru 2020 ini tidak akan melebihi volume kendaraan yang terjadi pada 23 Desember 2019.

"Menurut saya jelang malam tahun baru meningkat tapi tidak akan lebih tinggi dari tanggal 23, karena apa? karena memang kebanyakan ada hotel yang menerapkan paketan 2 hari. Bisa saja di tanggal 30 sebagian sudah naik," terangnya.

Padatnya Jalur Puncak ini diakui oleh Bupati Bogor Ade Yasin. Menurutnya, Jalur Puncak memilik panjang sekitar 22,7 kilometer dan lebar rata-rata 7 meter. Ia berasumsi, dengan panjang kendaraan 5 meter, maka Jalur Puncak maksimalnya diisi 8.800 unit kendaraan, dengan kondisi dua lapis lajur.

"Tapi pada kenyataannya di masa liburan, volume kendaraan mobil mencapai 15.000 sampai 19.000 unit di Jalur Puncak," kata Ade Yasin, dikutip dari Antara.

Baca Juga: FOTO: Musim Libur Tiba, Jalur Puncak Bogor Macet Parah

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya