Gunung Meletus, Penerbangan di Bandara Jember dan Banyuwangi Terganggu

Sejumlah penerbangan dibatalkan sebab kondisi udara tak aman

Jakarta, IDN Times - Dua bandara kembali terdampak abu erupsi Gunung Agung, Bali, yakni Bandara Notohadinegoro Kabupaten Jember dan Bandara Banyuwangi, Jawa Timur. Akibatnya, dua bandara tersebut ditutup hari ini, Selasa (3/7), hingga pukul 15.00 WIB.

"Kami menerima notice to airmen (notam) dari Kantor Direktorat Navigasi Penerbangan untuk penutupan Bandara Notohadinegoro hari ini hingga 10.00 WIB, namun kemudian diperpanjang hingga pukul 15.00 WIB," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Bandara Notohadinegoro Edy Purnomo di Kabupaten Jember, seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Gunung Agung mengalami erupsi strombolian, melontarkan lava pijar yang didahului dengan suara ledakan keras sekitar pukul 21.04 WITA, Senin (2/7). Lontaran lava pijar itu membuat sebagian are hutan di lereng Gunung Agung terbakar.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi melaporkan ketinggian kolom abu saat erupsi itu mencapai sekitar 2 kilometer dan teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat.

1. Sejumlah kaca mobil di bandara tertutup abu vulkanik 

Gunung Meletus, Penerbangan di Bandara Jember dan Banyuwangi TergangguANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

Kepala Unit Pelaksana Teknis Bandara Notohadinegoro Edy Purnomo mengatakan, hujan abu vulkanik Gunung Agung sempat mengguyur di sekitar Bandara Notohadinegoro Jember, sehingga terlihat sejumlah kaca mobil yang diparkir di area bandara dipenuhi abu.

"Pihak Bandara Notohadinegoro masih menunggu perkembangan, apakah penutupan bandara tersebut akan diperpanjang hingga keesokan harinya atau tidak terkait dengan perkembangan terbaru aktivitas Gunung Agung," ujarnya.

2. Berimbas pada jadwal penerbangan 

Gunung Meletus, Penerbangan di Bandara Jember dan Banyuwangi TergangguUnsplash/Nils Nedel

Penutupan bandara hingga sore hari tersebut menyebabkan dua pesawat komersial batal beroperasi di Bandara Notohadinegoro Jember yakni Garuda Indonesia dan Wings Air dengan rute Jember-Surabaya PP.

Sementara Asisten Manajemen of Maintenance Facility Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Banyuwangi Andry Lesmana mengatakan penutupan Bandara Banyuwangi pada hari ini diperpanjang lagi.

"Kami mendapat informasi terbaru bahwa penutupan Bandara Banyuwangi diperpanjang hingga pukul 15.00 WIB sesuai Notam C7024/18 sebagai dampak erupsi Gunung Agung," katanya.

Perpanjangan penutupan kedua bandara tersebut dilakukan setelah melihat perkembangan sebaran abu vulkanik dan arah angin karena observasi dilakukan secara terus menerus dengan sejumlah pihak penerbangan yang berkompeten.

3. Citilink batalkan penerbangan ke Banyuwangi 

Gunung Meletus, Penerbangan di Bandara Jember dan Banyuwangi TergangguInstagram @citilink

Maskapai Citilink Indonesia membatalkan dua penerbangan dari dan menuju Banyuwangi menyusul Notam (Notice to Airmen) Nomor C7024/18 mengenai penutupan Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, hingga pukul 15.00 WIB, hari ini.

"Berdasarkan Notam Nomor C7024/18, Citilink Indonesia membatalkan dua penerbangan dari dan menuju Banyuwangi terkait sebaran abu vulkanik yang menutupi ruang udara Bandara Banyuwangi dan dapat membahayakan operasional penerbangan," kata Wakil Presiden Sekretaris Perusahaan dan CSR Citilink Indonesia, Ranty Rachman, dalam keterangannya, di Jakarta, seperti dilansir Antara.

Menurut dia, seluruh penerbangan Citilink Indonesia dengan rute menuju Banyuwangi terpaksa dibatalkan dengan mempertimbangkan faktor keselamatan dan keamanan penerbangan.

4. Kembali beroperasi setelah dinyatakan aman 

Gunung Meletus, Penerbangan di Bandara Jember dan Banyuwangi TergangguInstagram @citilink

Pihak Citilink Indonesia masih terus memantau perkembangan terkini di lapangan serta berkoordinasi secara intensif dengan instansi terkait di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi.

Pembatalan dua penerbangan tersebut terhitung mulai Selasa (3/7) dan akan kembali beroperasi setelah dinyatakan aman oleh regulator atau dicabutnya notam tersebut.

Untuk informasi penerbangan Citilink Indonesia para calon penumpang dapat menghubungi call center Citilink Indonesia di 0804 1 080808.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya