Comscore Tracker

Jelang Debat Pilpres Ketiga, Ini Persiapan Final KPU

KPU memutuskan untuk mengurangi jumlah pendukung paslon

Jakarta, IDN Times - Debat Pilpres ketiga akan digelar pada Minggu (17/03). Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan persiapan debat sudah rampung. 

Persiapan tersebut sudah mencakup pemilihan tema, penentuan panelis yang akan yang dipanggil, peraturan debat, pengaturan jumlah pendukung dari kedua belah pihak, sampai pengamanan pada saat debat berlangsung.

Apa perbedaan format debat ketiga malam ini?

1. Format Debat

Jelang Debat Pilpres Ketiga, Ini Persiapan Final KPU

Pada debat ketiga ini KPU tetap memilih format debat yang masih sama dengan kedua debat sebelumnya. Dimana para peserta debat akan diadu visi misinya dan juga pembahasan tema yang sudah diberikan oleh KPU, dan juga menjawab pertanyaan dari para panelis, dan juga dari lawan debat.

2. Pengurangan jumlah pendukung

Jelang Debat Pilpres Ketiga, Ini Persiapan Final KPU

KPU memutuskan untuk mengurangi jumlah pendukung yang diperbolehkan hadir pada saat debat nanti, dari 100 pendukung dari masing-masing pasangan menjadi 75. Hal ini dilakukan agar kejadian ricuh pada saat debat kedua kemarin tak terulang kembali.

Selain akan dihadiri oleh 150 pendukung pasangan, debat ini juga akan dihadiri oleh 300 undangan resmi yang sudah ditentukan oleh KPU.

Baca Juga: Pesan AHY untuk Sandiaga di Debat Cawapres: Tetap Santun, Tapi Kritis

3. Daftar panelis debat ketiga

Jelang Debat Pilpres Ketiga, Ini Persiapan Final KPUANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Pada debat ketiga ini, akan ada sembilan panelis yang ikut serta yang terdiri dari berbagai kalangan yang menguasai isu-isu terkait pertanyaan debat nanti. Sembilan panelis ini telah melakukan focus group discussion (FGD) untuk mempersiapkan berbagai pertanyaan untuk debat ketiga.

Para panelis juga harus menandatangani pakta integritas tidak membocorkan soal materi debat. 

Berikut nama-nama panelis yang akan ikut serta di debat cawapres hari ini:

1. Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu - Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar periode 2018-2022, Guru Besar Sosiologi Unhas.
2. Prof Dr Chairil Effendy MS - Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak Periode 2007- 2011, Profesor Sastra Untan (bidang sastra Nusantara, pegiat budaya).
3. Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng - Rektor Unsyiah Periode 2018-2022 (periode kedua),
4. Prof KH Yudian Wahyudi - Rektor UIN Sunan Kalijaga
5. Prof. Subhilhar, MA, Ph.D - Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara
6. Radhar Panca Dahana - sastrawan dan budayawan
7. Anis Hidayah - Direktur Eksekutif Migrant Care
8. Prof Dr David S Perdanakusuma dr Sp BP-RE(K) - Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia (MKKI periode 2018-2021), dosen Universitas Airlangga
9. Prof H Yos Johan Utama SH M.Hum. 

4. Sandiaga dan Ma'ruf Amin akan adu gagasan

Jelang Debat Pilpres Ketiga, Ini Persiapan Final KPUANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Debat ketiga kali ini akan mempertemukan dua calon wakil presiden (Cawapres) yakni Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno untuk berdebat dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan sosial-kebudayaan.

Debat ketiga ini diselenggarakan di Sultan Hotel, Jakarta Pusat, mulai pada pukul 20.00 WIB. Moderator debat ketiga Pilpres 2019 adalah presenter Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas, yang akan disiarkan secara langsung di tiga stasiun TV yaitu CNN TV Indonesia, Trans TV, dan Trans 7.

Jangan lupa saksikan #MillennialsMemilih Debat Pilpres Ketiga di YouTube channel IDN Times malam ini!

Laporan: Adrian

Baca Juga: Debat Pilpres Ketiga, Ini Beban yang Dipikul Kedua Cawapres 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You