Comscore Tracker

Kepala BNPT: Intelijen Terus Monitor Potensi Ancaman selama PON Papua 

Boy Rafli pastikan tak ada ancaman selama PON Papua

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar mengatakan pihaknya terus menjalin kerja sama informasi dengan unsur-unsur aparat keamanan untuk memastikan gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua berjalan dengan aman.

"Tentunya juga bersama unsur-unsur aparat intelijen terus melakukan monitoring dan pemantauan agar diupayakan segala potensi yang ada, yang berpotensi menjadi ancaman, gangguan terhambatnya proses pertandingan bisa dieliminasi dengan sebaik-baiknya," ujar Boy saat meninjau arena tenis di Sian Soor Tennis Center, halaman kantor Wali Kota Jayapura dikutip dari ANTARA, Minggu (3/10/2021).

1. BNPT pastikan tak ada potensi ancaman yang dapat mengganggu keamanan PON Papua

Kepala BNPT: Intelijen Terus Monitor Potensi Ancaman selama PON Papua Karyawan menunjukkan suvenir maskot PON Papua Kangpho dan Drawa dipusat oleh-oleh Abepura, Kota Jayapura, Papua, Kamis (30/9/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Menurut Boy, hal ini merupakan tanggung jawab petugas keamanan untuk bisa memberikan suasana yang kondusif kepada para atlet yang mengikutip PON tanpa harus terintimidasi.

Ia menambahkan, sejauh ini penyelenggaraan sejumlah cabang olahraga yang dimulai sebelum pembukaan PON Papua hingga saat ini, semua berjalan cukup kondusif. Boy mengatakan belum mendapatkan sebuah informasi yang menjadi potensi yang dapat mengganggu keamanan.

Baca Juga: Korban Tewas Kerusuhan di Dekai, Yahukimo Bertambah Jadi 6 Orang

2. Boy Rafli apresiasi semua pihak yang turut mendukung kelancaran dan keamanan PON Papua

Kepala BNPT: Intelijen Terus Monitor Potensi Ancaman selama PON Papua Kepala BNPT Boy Rafli Amar. IDN Times/Asrhawi Muin

Boy mengapresiasi berbagai pihak yang telah turut serta mengambil bagian untuk membuat PON Papua dapat berjalan dengan aman, mulai dari masyarakat, petugas keamanan dan penyelenggara yang telah mengatur proses berjalannya pertandingan meskipun arena satu sama lainnya tersebar luas.

"Khususnya penyelenggaraan venue-venue yang ada, dari 30 cabang olahraga yang ada kita berharap tentu semua berjalan dengan lancar dan sukses, penuh dengan situasi yang sportif, situasi yang saling menjaga ketertiban," ujar Boy.

3. Berharap PON Papua dapat menghasilkan atlet-atlet nasional yang berkualitas

Kepala BNPT: Intelijen Terus Monitor Potensi Ancaman selama PON Papua Sejumlah orang berpakaian adat nusantara menari di halaman Kantor Gubernur Papua, Sabtu (19/6/2021). Jelang 105 hari Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 edisi Kota Jayapura di tandai pemukulan tifa, pelepasan balon lampion ke udara, tarian nusantara. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Boy menambahkan bahwa PON merupakan ajang untuk meningkatkan persaudaraan antara seluruh atlet yang datang dari berbagai daerah. Dia berharap PON dapat mencapai tujuan untuk dapat menghasilkan atlet-atlet nasional yang berkualitas, juga menjadi ajang untuk menuju jenjang prestasi internasional.

"Kita harapkan PON kali ini adalah PON yang bisa menghasilkan prestasi-prestasi anak bangsa dari berbagai daerah, terlebih khusus Papua, karena ini untuk pertama kali menjadi tuan rumah," kata Boy.

"Kita sangat berharap dimanfaatkan benar-benar untuk atlet-atlet dari Papua yang ikut dalam PON ini memiliki kemampuan dengan bertemu dengan rekan-rekan mereka yang berasal dari seluruh Indonesia," dia menambahkan.

Baca Juga: BNPT: Selama COVID-19 Transaksi Dana Teroris Naik 101 Persen

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya