Penampakan Letusan Gunung Soputan di Sulawesi Utara

Video letusan tersebut diunggah Humas BNPB Sutopo

Jakarta, IDN Times - Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara mengalami beberapa kali erupsi sejak Minggu (16/12) dini hari. Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Api Soputan, tinggi kolom abu dari erupsi yang teramati pada pukul 08.57 Wita mencapai 7.500 meter di atas puncak, atau sekitar 9.309 meter di atas permukaan laut.

1. Abu bertiup ke arah selatan dan barat daya

Penampakan Letusan Gunung Soputan di Sulawesi UtaraTwitter/@Sutopo_PN

Dalam keterangan tertulisnya, PVMBG menyebut kolom abu yang teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal condong ke arah selatan dan barat daya.

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 40 mm dan durasi kurang lebih 30 menit," tulis keterangan PVMBG tersebut, seperti dikutip Kantor Berita Antara.

Baca Juga: Gunung Soputan Meletus, Awas! Video dan Foto Hoax Beredar

2. Aktivitas kegempaan Gunung Soputan masih tinggi

Penampakan Letusan Gunung Soputan di Sulawesi UtaraANTARA FOTO/Adwit B Pramono

PVMBG menyatakan bahwa aktivitas kegempaan masih tinggi dan masih tremor letusan menerus di gunung api yang saat ini dalam status Level III (Siaga) tersebut.

Pusat Vulkanologi mengimbau masyarakat agar tidak beraktivitas dalam radius empat kilometer dari puncak gunung dan dalam wilayah sektor arah barat-barat daya sejauh 6,5 kilometer, yang merupakan daerah bukaan kawah, guna menghindari ancaman leleran lava dan awan panas guguran.

3. Masyarakat waspada kemungkinan terjadinya aliran lahar

Penampakan Letusan Gunung Soputan di Sulawesi UtaraANTARA FOTO/Adwit B Pramono

PVMBG juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya aliran lahar, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan seperti Ranowangko, Lawian, Popang dan Londola Kelewahu.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi terhadap gangguan saluran pernapasan," tulis PVMBG.

Baca Juga: Gunung Soputan Meletus 3 Kali Dini Hari Tadi

4. Penampakan letusan Gunung Soputan

Dalam akun media sosial yang terverifikasi, Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, Gunung Soputan masih terus meletus hingga saat ini.

"Mengeluarkan abu vulkanik, bergemuruh, dan tremor menerus hingga 16/12/2018 pukul 07.30 WITA," cuit Sutopo di akun Twitternya.

Sutopo juga mengunggah video letusan Gunung Soputan di Twitternya. Tampak kolom abu membumbung tinggi ke angkasa.

5. Banda Sam Ratulangi Manado masih beroperasi normal

Penampakan Letusan Gunung Soputan di Sulawesi UtaraANTARA FOTO/Adwit B Pramono

Sutopo juga mengatakan, saat ini Bandara Sam Ratulangi Manado masih aman dan beroperasi normal. Masyarakat juga belum perlu mengungsi meski status Siaga (Level 3).

Meski demikian BPBD setempat telah bersiaga di titik-titik rawan untuk mengantisipasi dampak peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Soputan.

"Kami sudah bersiaga di sekitar lokasi yang terdampak, dengan menyiapkan penanganan seperti pembagian masker," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Minahasa Tenggara Ferry Uway.

Baca Juga: Gunung Soputan Masih Erupsi Hingga Kamis Pagi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya