Polisi: Indra Kenz Mengaku Tidak Kenal dan Tutupi Pemilik Binomo

"Memang uang dari langit dia bisa kaya begitu," ujar polisi

Jakarta, IDN Times - Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Pol Whisnu Hermawan mengatakan tersangka kasus penipuan investasi binary option Binomo, Indra Kenz, mengaku tidak mengenal pemilik platform yang merugikan masyarakat hingga Rp3,8 miliar tersebut. Polisi menduga YouTuber dengan nama asli Indra Kesuma itu menutupi pemilik platform Binomo.

“(terkait) Platform Binomo itu, Indra Kenz itu mengatakan dia tidak kenal, dia menutupi,” ungkap Whisnu saat dimintai keterangan di Mabes Polri, Jakarta, dikutip dari ANTARA, Selasa (1/3/2022).

1. Meski Indra Kenz tutup mulut, penyidik terus mendalami otak di balik platform Binomo

Polisi: Indra Kenz Mengaku Tidak Kenal dan Tutupi Pemilik BinomoYouTuber Indra Kenz tiba di Bareskrim Polri menjalani pemeriksaan soal kasus Binomo pada Kamis (24/2/2022). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Penyidik meyakini bahwa Indra Kenz memiliki keterkaitan dengan orang di balik aplikasi opsi biner (judi daring) tersebut dan mengenal siapa pemilik platform tersebut, namun ditutupi olehnya.

Menurut Whisnu, hak tersangka untuk diam, dan penyidik tidak bisa memaksa. Namun, penyidik berupaya untuk mengungkapnya dengan melakukan pendalaman kepada pihak-pihak yang terkait dengan Indra Kenz.

“(Dia) menutupi, bagaimana dia (Indra Kenz) terima uang kalau dia tidak tahu, memang uang dari langit, dia bisa kaya begitu,” ujar Whisnu.

Baca Juga: Jadi Tersangka Kasus Binomo, Rekening Indra Kenz Diblokir PPATK

2. Server aplikasi Binomo berada di luar negeri namun diduga digerakkan dari Indonesia

Polisi: Indra Kenz Mengaku Tidak Kenal dan Tutupi Pemilik BinomoIndra Kenz (instagram.com/indrakenz)

Whisnu mengatakan pihaknya akan terus dalami siapa pemilik platform Binomo tersebut. Aplikasi tersebut diduga digerakkan oleh orang yang berada di Indonesia, tetapi servernya berada di luar negeri.

“Kami akan dalami lagi siapa pemain di balik itu. Jadi ada nama, ada tokoh lagi di belakang itu. Kami akan ungkap, siapa orang dekatnya, siapa yang menerima uang itu,” ujar Whisnu.

Sebelumnya pengacara Indra Kenz, Wardaniman Larosa menyebutkan, kliennya akan kooperatif membantu penyidik untuk mengungkap siapa pemilik platform Binomo.

“Kami kooperatif ya, karena terus terang saudara Indra Kenz tidak mengenal dan tidak tahu siapa saja pemilik platform Binomo. Justru dengan ditangkap ataupun diketahui siapa pemilik platform Binomo justru saudara Indra Kenz menguntungkan,” kata Warda, Kamis (24/2/2022).

3. Bareskrim Polri langsung mengusut aliran dana milik Indra Kenz

Polisi: Indra Kenz Mengaku Tidak Kenal dan Tutupi Pemilik BinomoYouTuber Indra Kenz tiba di Bareskrim Polri menjalani pemeriksaan soal kasus Binomo pada Kamis (24/2/2022). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Diberitakan sebelumnya, setelah memeriksa YouTuber Indra Kesuma alias Indra Kenz sebagai tersangka kasus binary option Binomo, Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri langsung mengusut aliran dana milik crazy rich Medan itu.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, penyidik telah menyita semua aset milik Indra Kenz.

“Tindak lanjut penyidikan, penyidik akan melakukan tracing terhadap aset milik IK yang terkait dengan transaksi yang dilakukan yang ada hubungan dengan kasus ini,” ujar Ramadhan di Mabes Polri, Jumat (25/2/2022).

Adapun barang bukti yang telah disita penyidik adalah rekening koran para korban, flashdisk berisi konten YouTube, bukti transaksi deposit dan withdrow, akun gmail, akun YouTube, dan Iphone 13 milik Indra Kenz.

 

Baca Juga: [BREAKING] Usut Aliran Dana Binomo, Bareskrim Tracing Aset Indra Kenz

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya