Presiden Jokowi Luncurkan GovTech Indonesia Hari Ini

GovTech diharapkan membawa Indonesia ke fase baru

Intinya Sih...

  • Presiden Jokowi meluncurkan GovTech Indonesia di Istana Negara hari ini.
  • Peluncuran GovTech diharapkan mempercepat terwujudnya Layanan Digital Prioritas Terpadu.
  • Kementerian PANRB berkolaborasi dengan kementerian lain untuk acara SPBE Summit 2024.

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan meluncurkan Government Technology (GovTech) Indonesia di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (27/5/2024). Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Minggu (26/5/2024).

“Besok (hari ini) akan di-launching oleh Bapak Presiden, GovTech ini,” kata Anas, melansir ANTARA.

Ia menambahkan, peluncuran GovTech akan dilakukan pada acara Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024.

1. Anas berharap peluncuran GovTech akan membuat Indonesia memasuki fase baru

Presiden Jokowi Luncurkan GovTech Indonesia Hari IniMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Azwar Anas (dok. Sekretariat Presiden)

Anas berharap peluncuran GovTech dan juga indeks SPBE akan membuat Indonesia memasuki fase baru dan akan mempercepat terwujudnya Layanan Digital Prioritas Terpadu di Indonesia.

Menurut dia, persiapan untuk SPBE Summit dan peluncuran GovTech telah dimatangkan, termasuk koordinasi dan konsolidasi dengan kementerian dan lembaga terkait.

Kementerian PANRB, selaku Ketua Tim Koordinasi SPBE, berkolaborasi dengan sejumlah kementerian lain, termasuk Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan, beberapa badan pemerintah seperti BRIN dan BPKP, serta Perum Peruri.

Baca Juga: Megawati Kritik Pemerintahan Jokowi Impor Pangan Berlebihan: Saya Tahu

2. GovTech diluncurkan sebagai penyedia solusi terpadu berbagai layanan digital pemerintah

Presiden Jokowi Luncurkan GovTech Indonesia Hari IniMenpanRB Abdullah Azwar Anas berbicara dalam acara Musrembangprov Jateng. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Menurut keterangan pers Kementerian PANRB, SPBE Summit 2024 akan menjadi momentum perkembangan layanan digital pemerintah berbasis kebutuhan masyarakat (citizen centric).

Acara itu juga akan mengukir sejarah baru dengan diluncurkannya GovTech sebagai penyedia solusi terpadu berbagai layanan digital pemerintah, termasuk portal nasional dan layanan terkait infrastruktur.

Baca Juga: Sikap Jokowi Saat Megawati Kritik Pedas Pemerintah di Rakernas PDIP

3. SPBE Summit 2024 juga akan memperkenalkan jenama penyelenggara keterpaduan ekosistem layanan digital pemerintah

Presiden Jokowi Luncurkan GovTech Indonesia Hari IniMenteri PANRB, Abdullah Azwar Anas saat jumpa pers terkait pemindahan ASN ke IKN di Kantor Kemenkominfo (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dalam SPBE Summit 2024, juga akan diperkenalkan jenama penyelenggara keterpaduan ekosistem layanan digital pemerintah, serta rencana integrasi portal pelayanan publik dan portal administrasi pemerintahan.

Para kepala instansi, kementerian, dan lembaga pemerintah yang bertanggung jawab atas sembilan layanan SPBE prioritas juga akan menandatangani sebuah komitmen.

“Semoga dengan digelarnya SPBE Summit 2024 dan peluncuran GovTech Indonesia, nantinya kita memasuki tahapan baru Indonesia yang lebih mudah, cepat, transparan, bebas dari korupsi, dan tentunya fokus pada kebutuhan masyarakat,” kata Anas.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya