Robot Dome UMM Siap Harumkan Indonesia di Amerika

RobotPemadam Api Indonesia akan berkompetisi di Amerika

Jakarta, IDN Times - Kabar baik datang dari dunia pendidikan tinggi tanah air. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) akan mewakili Indonesia di ajang Kontes Robot Internasional di Amerika Serikat (AS).

Sebelumnya, Robot Dome UMM meraih juara pertama kategori Pemadam Api Indonesia pada Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2018.

Pada ajang tersebut, Robot Dome karya Tim Robotika Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik UMM itu mampu menunjukkan akurasi yang tinggi dan waktu tercepat dalam membidik titik api.

Seperti apa perjalanan Tim Robotika UMM hingga mampu melenggang ke Negeri Paman Sam?

1. Persiapan matang dan terpicu semangat prestasi para pendahulunya

Robot Dome UMM Siap Harumkan Indonesia di AmerikaANTARA FOTO/Didik Suhartono

Tim robotika UMM terdiri atas Alfan Achmadillah Fauzi sebagai ketua, Ken Dedes Maria Kunthy (teknisi), dan Rochmansyah (anggota). Ketua Tim Robotika UMM Alfan Achmadillah Fauzi mengaku lega dan senang saat melihat nama Dome berada di urutan puncak. Prestasi para pendahulu yang berhasil meraih gelar juara di tingkat internasional menjadi pemantik semangat timnya.

"Robot Dome UMM berhasil melesat jauh di peringkat pertama dengan total waktu 3.62 (tiga menit 62 detik) meninggalkan dua tim saingan terberatnya, yakni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)," kata Alfan, seperti dikutip Antara, Minggu (15/7).

Untuk meraih prestasi nasional itu, tim robotika UMM telah melakukan persiapan yang matang untuk kontes yang berlangsung di Sportarium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

"Dengan semangat para pendahulu kami yang sudah sukses, kami juga mempersiapkan dengan matang dan kami juga jauh lebih siap dalam laga ini," kata Rochmansyah, salah satu anggota tim.

2. Siapkan dua robot untuk diperlombakan di Amerika

Robot Dome UMM Siap Harumkan Indonesia di AmerikaANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Selain semangat, riset khusus yang dilakukan selama tiga bulan membuat timnya merasa yakin dan percaya diri akan keluar sebagai juara nasional.

"Berlatih selama tiga bulan menjadikan kami sangat percaya diri untuk melenggang ke tingkat nasional," ujar Rochmansyah.

Pembina Tim Robotika UMM Nur Alif mengatakan, tim akan terus melakukan riset agar robot semakin prima di kontes internasional nantinya. Pembina yang sekaligus dosen Teknik Elektro ini mengaku akan menyiapkan dua robot lainnya untuk diperlombakan di ajang internasional tersebut.

"Langkah ke depan, kami akan merampungkan dua robot lain dari divisi berkaki dan beroda untuk mempersiapkan diri dalam perlombaan di Amerika," katanya.

3. Tim UMM juga juarai kontes robotika di Amerika tahun lalu

Robot Dome UMM Siap Harumkan Indonesia di AmerikaANTARA FOTO/Didik Suhartono

Kemenangan tim Robotika UMM ini sekaligus menjadi tiket emas bagi UMM untuk ikut serta dalam kontes robot di tingkat internasional yang akan berlangsung di Amerika Serikat.

KRI ke-18 merupakan kompetisi robot tingkat nasional yang dibagi dalam lima divisi yakni Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI). Sebanyak 91 tim dari 48 universitas di Indonesia berkompetisi di ajang bergengsi ini.

Sebelumnya, tim robotika UMM juga telah mengharumkan nama Indonesia di kancang internasional. Dua dari tiga Tim Robotika UMM yang dikirim mewakili Indonesia pada ajang kontes robot Trinity College Fire Fighting di Amerika Serikat (AS), sukses dengan meraih gelar juara I dan II.

Selain menggenggam dua gelar juara, Tim Robotika UMM juga meraih gelar juara poster terbaik untuk tim InaMuh divisi robot berkaki.

Pada kompetisi yang digelar pada 1-3 April 2017 itu, Tim Robotika UMM bersaing dengan finalis perwakilan dari beberapa negara, yakni Kanada, China, Israel, Portugal, Uni Emirat Arab (UAE), AS dan Indonesia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya