Wapres: Dunia Mengutuk Serangan Israel ke Palestina, Ganggu Kedamaian!

Perang juga memicu kerusakan lingkungan

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyatakan Indonesia mengutuk peristiwa perang karena bukan hanya mengganggu kedamaian dan ketenteraman dunia, melainkan juga memicu kerusakan lingkungan.

"Kita lihat masih ada perang Ukraina-Rusia. Dampaknya luar biasa, globaliter terganggu, krisis energi," kata Wapres saat menghadiri acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Ke-52 KH Abdul Wahab Chasbullah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, dikutip dari ANTARA, Minggu (15/10/2023).

Ma'ruf juga menyinggung situasi terkini serangan Israel kepada Palestina yang banyak menimbulkan korban jiwa.

"Kita, seluruh dunia, mengutuk serangan Israel di Palestina karena itu mengganggu kedamaian dan ketenteraman," katanya.

 

1. Dampak perang pada lingkungan memicu terjadinya krisis global

Wapres: Dunia Mengutuk Serangan Israel ke Palestina, Ganggu Kedamaian!Gedung-gedung yang hancur akibat serangan Pendudukan Israel terhadap rumah-rumah warga sipil Palestina di Gaza di utara Kamp Jabalia, utara wilayah Al-Sikka, Rabu (11/11/2023). (dok. Yayasan Persahabatan dan Studi Peradaban (YPSP))

Ia mengatakan sudah menjadi kewajiban umat beragama untuk menjaga lingkungan (hifdzul al-bi'ah) karena jika lingkungan rusak, maka akan terjadi krisis global yang dipicu kerusakan di darat dan laut.

Ma'ruf dalam pidatonya mengatakan hifdzul oleh ulama dimasukkan sebagai maqashid ssy-syariah atau ketaatan dalam menjalankan prinsip-prinsip syariah yang tujuannya mewujudkan kemaslahatan umat.

"Jadi kalau ini ditambah, maka jadi 'hifdzul-hifdzul' yang lima, tambah 'hifdzul wathan', tambah 'hifdzul amni wassalam', tambah lagi 'hifdzul Al bi'ah' untuk menjaga ketenteraman kehidupan di dunia," katanya.

Baca Juga: Pemimpin Hamas: Warga Palestina Tidak Akan Tinggalkan Gaza!

2. Ma'ruf ajak seluruh pihak mendoakan kaum Muslim di Palestina agar diberikan keselamatan

Wapres: Dunia Mengutuk Serangan Israel ke Palestina, Ganggu Kedamaian!Ilustrasi serangan roket di Gaza. (ANTARA FOTO/REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa)

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf mengajak seluruh pihak untuk mendoakan kaum Muslim di Palestina agar diberikan keselamatan dan kekuatan menghadapi perang.

"Kita doakan mudah-mudahan teman-teman kita Ikhwanul Muslimin di Palestina diberikan kekuatan oleh Allah SWT," katanya.

3. Jokowi ingatkan harga BBM bisa naik karena perang Palestina dan Israel

Wapres: Dunia Mengutuk Serangan Israel ke Palestina, Ganggu Kedamaian!Presiden Joko Widodo saat menghadiri Konsolidasi Nasional 2024 (YouTube/Bawaslu RI)

Sebelumnya, Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengingatkan harga bahan bakar minyak (BBM) bisa naik karena perang Palestina dan Israel. Hal itu diutarakan Presiden di depan Relawan Pro Jokowi (Projo).

“Ini nanti harga energi bisa naik karena perang Palestina-Israel. Harga energi itu artinya bensin, Pertamax, Pertalite,” ujar Jokowi di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Sabtu (14/10/2023).

Jokowi menjelaskan, pernyataan itu dilontarkan bukan untuk menakut-nakuti. Namun, hal itu biasa terjadi.

“Kalau perang tidak selesai pasti harga BBM global pasti akan naik,” ujarnya.

Baca Juga: Buntut Konflik Israel-Hamas, 55 Warga Palestina di Tepi Barat Tewas 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya