Comscore Tracker

ACT dan Marinir TNI AL Siap Salurkan 6 Ton Beras kepada Masyarakat

Sebelumnya, ACT dan TNI juga bagikan 1.000 ton beras

Jakarta, IDN Times - Saat ini, gerakan dan kolaborasi dari berbagai pihak sangat dibutuhkan terkait penanganan wabah Covid-19 di Tanah Air. Seperti yang dilakukan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dengan menyerahkan 6 ton beras kepada Korps Marinir TNI AL di Graha Marinir Panti Perwira, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (22/4). 

Presiden ACT, Ibnu Khajar, mengatakan penyerahan beras kepada Korps Marinir TNI AL merupakan bagian dari rangkaian program Operasi Pangan Gratis yang telah dijalankan ACT beberapa waktu lalu untuk merespons dampak Covid-19 dari sisi pangan. Selain itu, kolaborasi ini juga merupakan rangkaian dari kerja sama ACT bersama TNI yang sempat melepaskan 1.000 ton beras untuk daerah Jabodetabek beberapa waktu lalu.

“Setelah sebelumnya bekerja sama dengan Kodam, akhirnya bisa silaturahmi ke Korps Marinir dan langsung bersama bapak Komandan Korps Marinir bisa mengadakan acara seremonial untuk serah terima bantuan. Mungkin di tahap awal ini sekitar 6 ton yang kami amanatkan kepada bapak-bapak Marinir untuk bisa dibagikan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan,” ujar Ibnu yang menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis kepada Komandan Korps Marinir. 

1. ACT menargetkan bantuan dapat sampai kepada masyarakat yang ekonominya terdampak PSBB

ACT dan Marinir TNI AL Siap Salurkan 6 Ton Beras kepada MasyarakatIDN Times/ACT

Sementara itu, ACT menargetkan bantuan dapat sampai kepada masyarakat yang ekonominya terdampak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) melalui program tersebut, seperti pekerja harian dan berbagai pekerja serabutan atau masyarakat akar rumput lainnya. Terlebih lagi bulan Ramadan sudah tiba.

“Insyaallah, dengan spirit ‘Marinir Peduli, Marinir Berbagi’, dan spirit program Operasi Pangan Gratis ACT, kami sampaikan bantuan logistik pangan kepada masyarakat yang membutuhkan,” tutur Ibnu.

2. Pihak Marinir TNI AL telah menyurvei titik-titik lokasi dan akan menentukan lokasi distribusi bantuan

ACT dan Marinir TNI AL Siap Salurkan 6 Ton Beras kepada MasyarakatIDN Times/ACT

Menanggapi bantuan yang diberikan oleh ACT, Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) mengapresiasi semangat berbagi dari ACT. Hal ini karena semangat ACT sejalan dengan program Marinir TNI AL, yakni ‘Marinir Peduli, Marinir Berbagi’, yang telah diinisiasi sejak awal pandemi Covid-19 merebak.

“Awal-awal wabah Covid-19 ini merebak, kita menginisiasi mulai dari pembagian masker, pembagian sarung tangan, serta sembako dari internal kami. Saat ini sudah banyak masyarakat peduli, termasuk dari tim ACT yang menawarkan kerja sama dengan Korps Marinir. Tentu saja ini sangat selaras dengan program kami,” kata Suhartono.

Sejauh ini, pihak Marinir TNI AL telah menyurvei titik-titik lokasi dan akan menentukan lokasi distribusi bantuan. Suhartono pun optimistis bantuan-bantuan ini dapat meringankan beban mereka yang ekonominya terdampak Covid-19.

“Minimal bisa meringankan kesulitan mereka dalam hal penyiapan sembako. Ke depan, akan selalu kita ajak saudara-saudara atau relawan-relawan yang bergerak dalam bidang sosial ini untuk bekerja sama dan akan kita salurkan. Kita punya fasilitas, kita punya personel, kita bisa membantu menyalurkan kepada mereka-mereka yang membutuhkan,” tuturnya.

3. ACT akan terus berkolaborasi memberikan bantuan

ACT dan Marinir TNI AL Siap Salurkan 6 Ton Beras kepada MasyarakatIDN Times/ACT

Sebelumnya, ACT berkolaborasi tidak hanya dalam Operasi Pangan Gratis, tetapi juga program Layanan Antar Pangan Gratis, yakni Humanity Careline, dengan Kodam Jaya. Aster Kasdam Jaya Kolonel Inf. Jacky Ariestanto menjelaskan, pihaknya akan memberi dukungan dengan membuka posko-posko di lima Kodim di Jakarta. Humanity Careline menjadi turunan Operasi Beras Gratis yang diluncurkan bersama TNI awal April lalu.

Publik pun dapat menghubungi Humanity Careline di nomor 0800 1 165 228. Layanan antar pangan ini akan tersedia bagi masyarakat prasejahtera yang sangat membutuhkan. Operator layanan Humanity Careline dibuka pada dua sesi, yakni Senin-Jumat pukul 08.00-11.00 WIB dan 13.00-16.00 WIB. 

ACT akan terus berkolaborasi memberikan bantuan berupa operasi pangan gratis, support tenaga medis, pemeriksaan kesehatan mobile serta hygiene kit, dan program-program lainnya. Untuk itu, ACT pun mengajak kepada semua masyarakat untuk terus bersama melawan Covid-19 melalui link ini.

Topic:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya