Ditjen Hubdat Kemenhub Perbaiki 800 Patok Lalu Lintas Rusak di Brebes

Patok lalu lintas diperbaiki untuk aspek keselamatan

Brebes, IDN Times - Sejumlah patok lalu lintas atau delineator di Jalan Ketanggungan, Brebes, tampak rusak. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) bersama Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta pun memperbaiki 800 unit patok lalu lintas di kawasan tersebut, Sabtu siang (28/12).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengatakan bahwa delineator yang ada sejak 2017 itu banyak mengalami kerusakan akibat ditabrak mobil maupun perilaku masyarakat yang sering kali memasang ban untuk penanda tambal ban.

1. Delineator mengarahkan dan memberi peringatan bagi pengemudi

Ditjen Hubdat Kemenhub Perbaiki 800 Patok Lalu Lintas Rusak di BrebesIDN Times/Ditjen Hubdat Kemenhub

Menurut Dirjen Budi, tindakan masyarakat tersebut merupakan perilaku yang perlu diingatkan bahwa delineator di jalan ialah unit konstruksi yang diberi tanda untuk memantulkan cahaya (reflektif). Tanda itu berfungsi sebagai pengarah dan peringatan bagi pengemudi bahwa di sisi kiri atau kanan merupakan daerah berbahaya.

2. Perbaikan delineator untuk aspek keselamatan

Ditjen Hubdat Kemenhub Perbaiki 800 Patok Lalu Lintas Rusak di BrebesIDN Times/Ditjen Hubdat Kemenhub

Dirjen Budi pun menambahkan, Ditjen Hubdat Kemenhub bersama BPTD Jateng-DIY akan memperbaiki delineator di kawasan Jalan Ketanggungan, Brebes, untuk aspek keselamatan.

"Namun juga besar harapan kami, delineator ini bukan hanya peran pemerintah yang memasang dan memelihara, melainkan juga peran masyarakat sekitar untuk menjaga dan memelihara karena ini merupakan tanggung jawab bersama untuk keselamatan," tutur Dirjen Budi.

3. Masyarakat sekitar diimbau menjaga dan memelihara delineator

Ditjen Hubdat Kemenhub Perbaiki 800 Patok Lalu Lintas Rusak di BrebesIDN Times/Ditjen Hubdat Kemenhub

Dirjen Budi menambahkan, selain delineator, ada beberapa alat-alat keselamatan terpasang di jalan untuk aspek keselamatan.

"Saya memohon kerja samanya agar dijaga dan dipelihara oleh masyarakat sekitar," pungkas Dirjen Budi. (IRA/RHS/PTR/EI)

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya