Halalbihalal Virtual, Menaker Semangati ASN Kemnaker Se-Indonesia

Menaker apresiasi partisipasi, kerja keras, dan kerja cerdas ASN

Jakarta, IDN Times -- Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah melakukan berhalalbihalal Idullfitri 1441 H secara virtual bersama sekitar 1.000 pegawai Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) yang tersebar dari Aceh sampai Papua, Jumat (29/5). 

Dalam kesempatan ini, Menaker mengapresiasi partisipasi, kerja keras, dan kerja cerdas seluruh keluarga besar aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kemnaker. Meski baru menjalankan tugas selama enam bulan, Menaker Ida mengaku telah merasakan suasana kekeluargaan yang luar biasa. 

"Mari kita jaga semangat kerja dan semangat kekeluargaan ini dalam menghadapi kondisi pandemik Covid-19. Kita jaga kebersamaan ini untuk memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara," kata Menaker Ida.

1. Menaker mengajak ASN Kemnaker tetap produktif meski WFH

Halalbihalal Virtual, Menaker Semangati ASN Kemnaker Se-IndonesiaIDN Times/Kemnaker

Menaker pun menggarisbawahi pernyataan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo yang menyebut saat ini Indonesia sedang dalam kondisi perang melawan Covid-19. Dalam kondisi tersebut, harus ada satu komando dan tak perlu terlalu banyak diskusi dan berwacana.

"Posisi sekarang ini, kondisi tak normal, membutuhkan kita siap siaga. Posisinya harus dalam satu komando agar kita betul-betul menjadi pemenang melawan Covid-19. Kita harus tetap produktif walaupun kerja secara work from home, " kata Menaker.

2. Menaker mengimbau ASN untuk menyesuaikan diri dengan keberadaan Covid-19

Halalbihalal Virtual, Menaker Semangati ASN Kemnaker Se-IndonesiaIDN Times/Kemnaker

Dengan kondisi tersebut, lanjut Menaker, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, maka mau tak mau harus bisa hidup berdampingan untuk sementara dengan Covid-19.

"Hidup berdampingan adalah menyesuaikan diri dengan keberadaan virus corona. Perubahan secara cepat adalah keniscayaan yang harus dihadapi masyarakat dengan menyiapkan tatanan kehidupan yang baru atau new normal," ujar Menaker Ida.

3. Menaker pun meminta ASN Kemnaker menghadapi tantangan berbeda di tengah pandemik

Halalbihalal Virtual, Menaker Semangati ASN Kemnaker Se-IndonesiaIDN Times/Kemnaker

Menaker menambahkan bahwa tugas pemerintah ialah memberikan guidance kepada masyarakat agar memiliki protokol dan penyesuaian kehidupan baru. Dalam tatanan baru ini, Kemnaker memiliki tanggung jawab merespons pada aspek ketenagakerjaan dan mengelola tanggung jawab secara baik pelayanan ketenagakerjaan di lingkup Kemnaker.

"Seluruh sumber daya Kemnaker harus diarahkan merespons kehidupan baru yang memiliki tantangan berbeda. Jika selama ini terbiasa mengelola BLK secara offline, maka mesti mendesain BLK secara online dan offline," ujar Menaker Ida.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya