Kemendagri Punya Berbagai Kegiatan untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Salah satunya penyemprotan disinfektan di wilayah zona merah

Jakarta, IDN Times - Seperti yang diketahui, area Kalibata yang berada di wilayah administrasi Jakarta Selatan merupakan salah satu daerah dengan ‘status merah’ episentrum penyebaran virus corona (Covid-19). Ditambah lagi daerah tersebut juga tergolong padat permukiman dan perkantoran.

Untuk mengantisipasi dan menekan penyebaran Covid-19 terutama di wilayah tersebut, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mencanangkan program Kemendagri Peduli Cegah Covid-19 sejak awal Maret 2020. Program ini bertujuan melakukan berbagai aneka kegiatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 baik di lingkungan kantor Kemendagri maupun di area sekitarnya. 

Program ‘Kemendagri Peduli’ juga secara rutin di wilayah Jakarta dan dan daerah-daerah lain melakukan penyemprotan disinfektan ke berbagai perkantoran dan permukiman warga. 

1. Semua perkantoran zona merah Covid-19 di daerah Jakarta Selatan telah dilakukan penyemprotan disinfektan

Kemendagri Punya Berbagai Kegiatan untuk Cegah Penyebaran Covid-19IDN Times/Kemendagri

Kepala BPSDM Kemendagri Teguh Setyabudi mengatakan bahwa Mendagri Tito menginstruksikan untuk menarik 3 unit mobil Damkar dari basecamp di Rohil, Riau, ke Jakarta dan melakukan penyemprotan disinfektan untuk kantor-kantor Kemendagri di wilayah Jakarta pada minggu lalu. 

“Semua perkantoran zona merah Covid-19 di sekitar perkantoran Kemendagri dan lainnya di Jakarta Selatan telah dilakukan penyemprotan disinfektan, di antaranya di Kantor Kemendes dan PDT, Universitas Trilogi, permukiman Duren Tiga, Kantor BPSDM, sepanjang jalan Pahlawan Kalibata, Kantor Ditjen Dukcapil, dan Ditjen Bina Pemdes di Pasar Minggu,” tambahnya.

2. Kemendagri mengalihfungsikan gedung diklat di seluruh Indonesia menjadi gedung isolasi atau karantina

Kemendagri Punya Berbagai Kegiatan untuk Cegah Penyebaran Covid-19IDN Times/BPSDM Kemendagri

Selain itu, lewat program yang digagas Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Kemendagri mengalihfungsikan seluruh diklatnya di seluruh provinsi di Indonesia untuk bermanfaat sebagai gedung isolasi atau karantina. 

Sebagai contoh, Gedung Diklat Kemendagri di Bali sejak 22 Maret 2020 telah digunakan untuk menampung isolasi ABK (anak buah kapal) asal Bali berjumlah 205 orang. Secara keseluruhan Gedung Diklat Kemendagri di Indonesia memiliki kapasitas 5.036 kamar. Apabila dibutuhkan, siap setiap saat menampung pasien Covid-19 baik untuk karantina maupun rawat inap. 

Kemendagri juga bekerja sama dengan pemda setempat dan tentunya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait penyediaan alat kesehatan agar gedung diklat di seluruh Indonesia memenuhi standar sebagai ruang perawatan. 

3. Kegiatan penyemprotan disinfektan akan terus dilakukan

Kemendagri Punya Berbagai Kegiatan untuk Cegah Penyebaran Covid-19ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

Sementara itu, kegiatan penyemprotan disinfektan akan terus dilakukan. Namun, Teguh menginformasikan bahwa prioritas lokasi penyemprotan ialah perumahan umum yang juga terdapat ASN Kemendagri bermukim. 

“Bagi ASN Kemendagri/BNPP (Badan Nasional Pengelola Perbatasan) yang menginginkan permukimannya disemprot, dipersilakan menghubungi Bagian Umum BPSDM Kemendagri. Tentu harus terlebih dahulu berkoordinasi dengan RT/RW/kelurahan masing-masing untuk perizinan dan penggunaan akses jalan bagi mobil Damkar,” pungkasnya.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya