Kemnaker Kembali Libatkan Pekerja Ter-PHK Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Masyarakat juga turut serta lakukan pencegahan COVID-19

Jakarta, IDN Times - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melibatkan pekerja yang ter-PHK akibat pandemik COVID-19 untuk melakukan penyemprotan disinfektan di Klinik Pratama Pelita Insani Cakung, Jakarta Timur, Jumat (19/6).

Direktur Pengawasan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kemnaker, Gazmahadi, mengatakan kegiatan tersebut sebagai ajakan kepada warga setempat supaya turut serta melakukan pencegahan penyebaran COVID-19.

1. Proteksi diri sendiri dan masyarakat dengan protokol kesehatan

Kemnaker Kembali Libatkan Pekerja Ter-PHK Lakukan Penyemprotan DisinfektanIDN Times/Kemnaker

Pencegahan penyebaran COVID-19 dilakukan dengan cara menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, sering mencuci tangan, physical distancing, dan menghindari kontak kulit.

"Mulai hari ini, bapak dan ibu coba proteksi diri sendiri dan proteksi masyarakat. Kemudian kita menjaga lingkungan masyarakat kita agar tetap sehat," kata Gazmahadi.

2. Keterlibatan masyarakat sangat penting terkait upaya pencegahan COVID-19

Kemnaker Kembali Libatkan Pekerja Ter-PHK Lakukan Penyemprotan DisinfektanIDN Times/Kemnaker

Menurut Gazmahadi, pemerintah tidak bisa berjalan sendiri dalam upaya memerangi COVID-19. Karena itu, keterlibatan masyarakat sangat penting.

"Kami berharap sekali mengimbau ke bapak dan ibu kita cegah (penyebaran COVID-19). Kalau tanpa kemauan kita bersama, tanpa dukungan dari masyarakat, tanpa dukungan dari himpunan, perkumpulan, pemerintah, semuanya tidak akan jalan," ujarnya.

3. Selain kegiatan penyemprotan disinfektan, ada juga penyerahan bansos

Kemnaker Kembali Libatkan Pekerja Ter-PHK Lakukan Penyemprotan DisinfektanIDN Times/Kemnaker

Pada kegiatan tersebut, Gazmahadi juga menyerahkan bantuan sosial (bansos) berupa sembako dan alat pelindung diri (APD) kepada masyarakat setempat melalui Halaqah Majelis Taklim (HMT) Jakarta Timur. Bantuan tersebut merupakan bentuk kerja sama antara Kemnaker dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya