Koordinasi Mendagri Tangani Covid-19 Diapresiasi Ketua BPK dan Pemda 

Koordinasi penanganan Covid-19 dengan pemda terus dilakukan

Jakarta, IDN Times - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Agung Firman Sampurna dan pemerintah daerah (pemda) mengungkapkan apresiasinya atas langkah cepat Mendagri Tito Karnavian dan jajarannya dalam menangani pencegahan Covid-19, termasuk dalam hal koordinasi dengan pemda. Hal itu diungkapkan dalam Rapat melalui video conference pada Rabu (08/04).

“Kami mengapresiasi langkah-langkah cepat Kemendagri dalam penanganan Covid-19 dan intens melakukan koordinasi sampai jajaran pemda,” ungkap Agung.

1. Mendagri menggelar rapat koordinasi dengan pemangku kepentingan

Koordinasi Mendagri Tangani Covid-19 Diapresiasi Ketua BPK dan Pemda IDN Times/Kemendagri

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah juga menyampaikan apresiasi dan menyambut baik langkah Mendagri untuk melakukan rapat koordinasi dengan segenap pemangku kepentingan terkait dengan pengelolaan anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Luar biasa Pak Mendagri pagi ini kita mendapatkan pencerahan yang sangat luar biasa. Karena itu tadi kami sangat gembira ada masukan dari Kepala LKPP bahwa boleh belanja walupun belum ada anggaran. Ini barangkali penegasan yang sangat luar biasa. Semoga vidcon ini bermanfaat bagi kami di daerah,” kata Saefullah.

2. Koordinasi rapat dengan Mendagri menjadi acuan kebijakan di daerah

Koordinasi Mendagri Tangani Covid-19 Diapresiasi Ketua BPK dan Pemda IDN Times/Kemendagri

Senada dengan keduanya, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengaku mendapatkan pencerahan atas rapat koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan yang diinisiasi Mendagri itu. Richard mengakui bahwa hasil rapat koordinasi akan menjadi acuan dalam mengambil kebijakan di wilayahnya.

“Pagi ini betul-betul kita mendapatkan pencerahan yang luar biasa dari Pak Mendagri dan staf di Jakarta. Kita berharap antisipasi yang telah disampaikan oleh Pak Menteri maupun oleh Ketua KPK dan Kepala LKPP itu menjadi acuan bagi kita untuk mengambil kebijakan-kebijakan selanjutnya. Saya rasa yang disampaikan Pak Menteri seluruh sudah jelas, kami termasuk instansi terkait dan seluruh Pokja mengikuti pelaksanaan ini,” ujar Richard.

3. Mendagri juga menginisiasi dialog pemda dengan kementerian/lembaga

Koordinasi Mendagri Tangani Covid-19 Diapresiasi Ketua BPK dan Pemda IDN Times/Kemendagri

Physical distancing tak menyurutkan langkah Mendagri untuk melakukan rapat dan koordinasi dengan pemerintah daerah dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan penanganan wabah Covid-19. Hal ini terbukti dengan dilakukannya rapat koordinasi melalui video conference dengan sejumlah pemda. Bahkan Mendagri juga menginisasi dan menjembatani dialog pemda dengan sejumlah kementerian/lembaga sebagai dasar kebijakan menghadapi pandemik.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya