Menaker Imbau Dunia Usaha Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Area Kerja

Kemnaker memotivasi dunia usaha untuk pencegahan Covid-19

Jakarta, IDN Times -- Sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) dan memberikan perlindungan kerja kepada seluruh pekerja Indonesia, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mendorong dunia usaha untuk melakukan penyemprotan cairan desinfektan di seluruh area kerja.

Selain meningkatkan kebersihan untuk pencegahan penyebaran Covid-19, penyemprotan desinfektan juga bertujuan memberikan ketenangan kepada karyawan agar nyaman bekerja. 

"Ini salah satu cara kita untuk memotivasi dunia usaha agar melakukan upaya pencegahan Covid-19. Kami ingin memberi contoh dan memotivasi dunia usaha agar melakukan penyemprotan desinfektan di lokasi kerja masing-masing," kata Menaker Ida Fauziyah usai secara simbolis melakukan penyemprotan desinfektan di sebuah perusahaan di Kawasan Berikat Nusantara (KBN), Jakarta Timur, Kamis (26/3).

1. Penyemprotan disinfektan juga merupakan penegakan standar K3

Menaker Imbau Dunia Usaha Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Area KerjaIDN Times/Kemnaker

Menaker Ida mengatakan tindakan penyemprotan desifektan juga sebagai langkah pemerintah memberi contoh untuk tetap menegakkan standar K3 dalam pencegahan dan mematikan virus corona.

"Secara tegas kami minta dunia usaha, perusahaan-perusahaan, dan industri untuk menerapkan K3, melakukan upaya preventif penyebaran Covid-19," kata Ida Fauziyah.

2. Menaker juga meminta pekerja aktif mengupayakan pencegahan Covid-19

Menaker Imbau Dunia Usaha Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Area KerjaIDN Times/Kemnaker

Menaker Ida Fauziyah berpendapat bahwa melakukan penyemprotan desinfektan merupakan wujud pola hidup sehat dan bersih di perusahaan. Untuk itu, Menaker mengajak seluruh karyawan untuk melakukan cuci tangan dan menyediakan sabun dan tempat cuci tangan dengan air yang mengalir atau hand sanitizer, menggunakan masker, dan mengatur jarak di tempat kerja. 

"Kita semua harus patuh dan disiplin. Saya minta juga perusahaan yang menerapkan K3, dan pekerja secara aktif melakukan upaya pencegahan," kata Menaker Ida didampingi Dirjen PHI & Jamsos, Hayani Rumondang dan Plt Dirjen Binwasnaker & K3, Iswandi Hari dan Karo Humas Soes Hindharno.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya