P4S Mitra Tani Parahyangan Berpotensi Jadi Calon BDSP Program YESS

Lembaga ini bergerak di bidang agribisnis hortikultura

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), mengatakan bahwa generasi muda masa kini tanggap dengan teknologi, di mana mereka siap terjun ke dunia kerja dan wirausaha agribisnis, berorientasi ekspor, serta menjadi agent of changes dalam pembangunan pertanian.

1. Generasi milenial pertanian berperan penting di bidang sosial dan ekonomi

P4S Mitra Tani Parahyangan Berpotensi Jadi Calon BDSP Program YESSIDN Times/Kementan

Menurut Kepala Badan PPSDMP, Dedi Nursyamsi, peran generasi milenial mendukung pemerintah melakukan regenerasi petani sekaligus melahirkan pengusaha muda pertanian.

“Generasi milenial harus mendukung upaya pemerintah melakukan regenerasi petani sekaligus melahirkan pengusaha muda pertanian yang berdampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat pertanian Indonesia,” tegas Dedi, yang sependapat dengan arahan Mentan SYL.

2. Kementan bekerja sama dengan IFAD menjalankan Program YESS

P4S Mitra Tani Parahyangan Berpotensi Jadi Calon BDSP Program YESSIDN Times/Kementan

Kementerian Pertanian memiliki target melahirkan 2,5 juta petani milenial dalam jangka waktu 5 tahun (2020-2024). Guna mewujudkan target tersebut, Kementerian Pertanian bekerja sama dengan IFAD menjalankan Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS). Lokasi pelaksanaan program tersebut terdapat di empat provinsi, yaitu Jawa Barat (Sukabumi, Cianjur, Tasikmalaya, Subang), Jawa Tmur (Malang, Pasuruan, Tulungagung, Pacitan), Sulawesi Selatan (Bantaeng, Bone, Bulukumba, Maros), dan Kalimantan Selatan (Banjarbaru, Tanah Laut, Tanah Bumbu). Kegiatan yang dilakukan dalam program YESS, di antaranya adalah pemilihan Business Development Service Providers (BDSP) di masing-masing lokasi. 

3. Kisah Duta Petani Milenial yang saat ini menjadi pemilik MTP

P4S Mitra Tani Parahyangan Berpotensi Jadi Calon BDSP Program YESSIDN Times/Kementan

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian,Idha Widi Arsanti, melakukan kunjungan ke salah satu Duta Petani Milenial pada Sabtu (6/6). Duta Petani Milenial tersebut bernama Sandi Octa Susila sebagai pemilik Mitra Tani Parahyangan (MTP). Mitra Tani Parahyangan ini sebagai kelembagaan yang bergerak di bidang agribisnis hortikultura berlokasi di Kecamatan Warungkondang, Cianjur, Jawa Barat. Perusahaan ini merupakan Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) yang memiliki potensi menjadi calon BDSP program YESS. 

“Mitra Tani Parahyangan (MTP) ini sudah memiliki beberapa fasilitas pendukung, yaitu tempat pelatihan, packing house, lokasi pertanian 8 hektare, kemitraan dengan lebih dari 300 orang petani, dan juga kerja sama pemasaran dengan kedai sayur Indonesia di Jakarta. Tentu saja, MTP memiliki beberapa kriteria yang sesuai, sehingga bisa dicalonkan sebagai BDSP YESS,” ujar Idha.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya