Peduli dengan UMKM Binaannya, Pertamina Gelar ‘Sekolah’ Daring

Bentuk pembinaan UMKM menuju go digital

Jakarta, IDN Times – Setelah sukses menggelar pameran virtual UMKM bernama Pertamina SMEXPO 2020, komitmen Pertamina berlanjut dengan membuat e-learning khusus untuk pembinaan UMKM mitra binaannya.

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menjelaskan, e-learning yang disediakan ini merupakan platform digital yang dapat diakses oleh semua mitra binaan Pertamina melalui www.belajarumkm-pertamina.com. 

“Platform ini dibuat sebagai salah satu bentuk pembinaan UMKM menuju go digital. Dengan begitu, meski masih berada dalam masa pandemik, para UMKM bisa bertahan menjalankan roda bisnisnya,” imbuh Fajriyah. 

1. Tingkatan kelas binaan, mulai dari basic hingga advance

Peduli dengan UMKM Binaannya, Pertamina Gelar ‘Sekolah’ DaringIDN Times/Pertamina

Dalam platform tersebut, terdapat kelas-kelas yang dapat diikuti UMKM Binaan Pertamina. Seluruhnya akan dimulai dari tingkat dasar yakni basic, kemudian tingkat menengah atau intermediate, hingga Advance. Semua level pembelajaran tersebut dapat diikuti peserta UMKM secara berurutan sehingga potensi dari tiap UMKM dapat terukur. 

“Kami berharap, platform e-learning UMKM ini dapat menjadi cara baru bagi UMKM untuk kembali belajar. Sehingga dapat menjadikan UMKM itu sendiri menjadi unggul dan naik kelas,” tuturnya.

“Upaya ini juga merupakan salah satu bentuk upaya mencapai pembangunan berkelanjutan atau SDG, di mana diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” tambah Fajriyah.

2. Pertamina menggelontorkan Rp256 M untuk UMKM terdampak pandemik

Peduli dengan UMKM Binaannya, Pertamina Gelar ‘Sekolah’ DaringPertamina.com

Dalam masa pandemik, Pertamina juga bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyalurkan modal kemitraan terutama bagi UMKM yang terdampak. Total dana yang digelontorkan mencapai Rp256,27 miliar. Pihak yang dimaksud di antaranya adalah PT Bahana Artha Ventura (BAV), anak usaha dari PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) holding perasuransian dan penjaminan yang dikenal dengan Indonesia Financial Group (IFG). 

Melalui kerja sama ini, Pertamina memberikan modal usaha sebagai stimulus pelaku UMKM bangkit dari dampak pandemik Covid-19 senilai Rp 150 miliar. 

3. Pertamina bersinergi dengan dua kementerian dalam menyalurkan pembiayaan modal UMKM

Peduli dengan UMKM Binaannya, Pertamina Gelar ‘Sekolah’ DaringIlustrasi UMKM. (Dok.Pertamina)

Sinergi Pertamina juga terjalin dengan Kementerian Koordinator Perekonomian untuk menyalurkan pembiayaan modal usaha bagi UMKM di sektor pangan. Nilai komitmen yang disepakati sebesar Rp6,27 miliar. 

Selain itu, bekerja sama juga dengan Kementerian Koordinator Maritim & Investasi untuk menyalurkan pembiayaan pembiayaan modal usaha bagi UMKM di wilayah Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dengan nilai komitmen proyeksi sebesar Rp100 miliar.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya