Dorong Regenerasi Petani, Program YESS Kementan Wujudkan Food Security

Kolaborasi YESS dan Kostratani cetak petani muda

Bogor, IDN Times – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) terus mendorong regenerasi di kalangan petani melalui program Youth Entrepreneurship and Employment Support Service (YESS) dan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani).

1. Kolaborasi program YESS dan Kostratani mewujudkan wirausahawan muda pertanian

Dorong Regenerasi Petani, Program YESS Kementan Wujudkan Food SecurityIDN Times/Kementan

Program YESS merupakan proyek percontohan pengembangan generasi muda dan regenerasi petani di pedesaan melalui penyediaan fasilitasi dan bimbingan kepada generasi muda untuk menjadi wirausahawan atau tenaga kerja yang profesional di sektor pertanian. 

“Untuk mempercepat regenerasi petani, Kementan mengolaborasikan program YESS dengan Kostratani yang memiliki peran strategis untuk mendampingi dan mengawal petani atau generasi muda yang memiliki minat untuk menekuni dan berusaha di sektor pertanian. SDM pertanian dapat dihasilkan melalui Kostratani, karena pertanian identik dengan lahan sebagai sarana produksi yang terletak di wilayah kecamatan. Peran Kostratani sebagai pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat data, pusat pembelajaran, pusat jejaring dan kemitraan, serta konsultasi agribisnis diharapkan mampu untuk meningkatkan minat generasi muda di pedesaan untuk terjun menekuni sektor pertanian hingga nantinya menjadi wirausaha-wirausaha muda pertanian yang sukses,” pungkas Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi.

2. Program YESS diharapkan menjadi model untuk pengembangan kewirausahaan

Dorong Regenerasi Petani, Program YESS Kementan Wujudkan Food SecurityIDN Times/Kementan

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Kapusdiktan) dan Direktur Program YESS, Idha Widi Arsanti mengatakan bahwa Program YESS diharapkan akan menjadi model untuk pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan generasi muda di sektor pertanian yang tidak hanya di Indonesia, tapi juga di negara-negara anggota IFAD.  

“Oleh karena itu, diperlukan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan yang baik dengan melakukan sinergi dengan pemerintah daerah, pelaku usaha, serta lembaga sosial terkait," ujar Idha pada kegiatan Workshop Manajemen Program di Bogor (2/9).

3. Program YESS sangat strategis mendukung food security

Dorong Regenerasi Petani, Program YESS Kementan Wujudkan Food Securitypixabay

Menurut Idha, program YESS sangat strategis mendukung food security. Tidak sebatas mengupayakan bagaimana sektor pertanian dapat mencukupi kebutuhan pangan semata, tetapi juga mengupayakan bagaimana peningkatan kapasitas SDM agar mampu untuk mengelola sektor pertanian secara optimal hingga menjadi peluang bisnis.

Untuk itu pengelolaan YESS harus dilaksanakan secara baik dan efektif mulai dari penentuan CPCL, serta identifikasi terhadap lembaga Pendidikan/Pelatihan Vokasi bidang pertanian hingga penjaringan mitra YESS. 

“Melalui perencanaan serta pengelolaan yang baik, kami yakin tujuan akhir program ini  yakni lahirnya petani dan wirausahawan milenial di bidang pertanian akan terwujud”, ungkap Idha optimis.

Di tengah pandemik ini, pertanian merupakan salah satu sektor yang mampu membuka lapangan pekerjaan besar karena adanya akses pasar yang terbuka lebar. Semua butuh pangan dan Indonesia sebagai negara agraris memiliki modal besar untuk mencukupi kebutuhan pangan bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya