Peduli UMKM, PT Jasa Raharja Gelar Pelatihan E-Commerce Secara Virtual

Diikuti 50 mitra binaan unggulan di seluruh Indonesia

Jakarta, IDN Times – Pelatihan E-Commerce yang merupakan bagian dari Program Kerja Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) PT Jasa Raharja Tahun 2020 digelar secara live streaming melalui aplikasi Zoom dan diikuti 50 mitra binaan unggulan dari 29 cabang di seluruh Indonesia. Mereka melakukan penjualan secara online, seperti tas, pakaian, sepatu, souvenir, roti, kue/makanan khas daerah, kopi, batik, tenun, miniatur craft, kerajinan anyaman rotan, kerajinan tapis Lampung, dan kerajinan cukli dari NTB. 

1. Pelaku bisnis kini mulai beralih ke media online

Peduli UMKM, PT Jasa Raharja Gelar Pelatihan E-Commerce Secara VirtualUnsplash.com/kobuagency

Semakin tingginya dinamika perubahan kebiasaan perilaku masyarakat Indonesia, dapat terlihat secara nyata di era digital saat ini. Media online menjadi alternatif utama bagi para pelaku bisnis dan masyarakat untuk melakukan transaksi perdagangan, terlebih selama pandemik COVID-19 melanda Indonesia, sehingga masyarakat juga lebih selektif untuk melakukan mobilitas. 

2. Pelatihan e-commerce membantu mitra binaan melakukan bisnis di era digital marketing

Peduli UMKM, PT Jasa Raharja Gelar Pelatihan E-Commerce Secara VirtualIDN Times/PT Jasa Raharja

Guna meningkatkan kapasitas mitra binaan, PT Jasa Raharja menyelenggarakan pelatihan e-commerce yang menyediakan informasi transaksi bisnis di era digital marketing.

Kendala masih belum mengerti bagaimana peluang dan tata cara melakukan kegiatan promosi penjualan melalui media online adalah isu yang sering ditanyakan di pelatihan yang menjadi tema “Kembangkan Kreativitas Virtual sebagai Sarana Transaksi di Era Digitalisasi”. Selain belum memahami secara mendalam, mitra binaan juga kurang paham tentang pemanfaatan sarana penjualan melalui berbagai platform digital. 

Melalui kegiatan pelatihan ini, Jasa Raharja turut serta menunjang pemberdayaan UMKM yang juga dilakukan oleh Kementerian BUMN dan BUMN lainnya, di mana UMKM memiliki kontribusi sebesar 60,3 persen dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Sendi utama perekonomian nasional ini mampu menyerap 97 persen dari total tenaga kerja dan 99 persen dari total lapangan kerja. Terlebih di masa transisi pasca pandemik COVID-19 tentunya diperlukan banyak dukungan agar sektor UMKM kembali menggeliat. 

3. Mitra binaan diimbau melakukan promosi melalui marketplace

Peduli UMKM, PT Jasa Raharja Gelar Pelatihan E-Commerce Secara VirtualUnsplash.com/glenncarstenspeters

Direktur Keuangan Jasa Raharja, Myland, menyampaikan mitra binaan diharapkan dapat mengikuti perkembangan zaman dalam melakukan kegiatan promosi penjualan karena langsung dapat berinteraksi dengan calon pelanggannya melalui marketplace

“Mitra binaan yang telah mengikuti pelatihan ini memiliki peluang naik kelas, kemudian didaftarkan pada Rumah Kreatif BUMN (RKB) setempat agar memperoleh pembinaan lebih lanjut mengingat di dalam RKB akan ada banyak kegiatan dari BUMN lainnya,” ujar Myland. 

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya