Fakta-fakta Tentang Rizki, Bocah Obesitas yang Kondisinya Lebih Parah Dari Arya

Rizki sempat koma selama 11 jam!

Setelah dalam beberapa bulan terakhir publik dihebohkan dengan bocah Arya dengan berat mencapai 190 kilogram (kg). Dua hari ini, seorang bocah berusia 10 tahun juga mengalami hal serupa dengan Arya, yakni penambahan berat badan yang sangat cepat. Hal tersebut pun akhirnya dianggap tidak normal, karena pada akhirnya membuat bocah bernama Rizki Rahmat Ramadhan ini alami gangguan dalam tubuh.

Pada Kamis (21/7) netizen dihebohkan dengan kasus obesitas seorang bocah lelaki dari Palembang. Rizki mencapai 119 kilogram dalam beberapa bulan terakhir. Akibat metabolisme yang tidak normal itu Rizki mengalami beberapa masalah dalam tubuhnya. Akhirnya orangtua Rizki, Edi Hartono (44) dan Lia (40) membawa putranya ke rumah sakit.

Rizki alami peningkatan bobot sejak usia delapan tahun.

Fakta-fakta Tentang Rizki, Bocah Obesitas yang Kondisinya Lebih Parah Dari Aryatribunnews.com

Dari usia delapan sampai sembilan tahun, Rizki mengalami peningkatan signifikan jadi 90 kg. Bocah laki-laki ini akibatnya terpaksa mengurangi waktu bermain bersama teman-temannya. Tidak berhenti di situ, dalam beberapa bulan terakhir, terjadi penambahan 29 kg.

Rizki mengalami gangguan pernapasan.

Fakta-fakta Tentang Rizki, Bocah Obesitas yang Kondisinya Lebih Parah Dari Aryaliputan6.com

Saat beratnya mencapai 119 kg, Rizki mengalami gangguan pernapasan sampai hanya kuat berjalan 10 langkah kaki. Orangtuanya pun membawa Rizki ke Rumah Sakit Muhammad Husein (RSMH).

Tingkat kelaparan Rizki meningkat secara signifikan.

Fakta-fakta Tentang Rizki, Bocah Obesitas yang Kondisinya Lebih Parah Dari Aryaliputan6.com

Lia menuturkan kalau putranya makan nasi tiga kali sehari. Namun, setiap dua jam, dirinya minta jajanan seperti mie instan, ayam goreng dan bakso. Hal ini juga terjadi karena rumahnya dekat dengan restoran cepat saji.

Baca Juga: Takut Berat Badan Bertambah? Cegah Obesitas Lewat Body Clock

Kondisi Rizki bertambah parah beberapa hari setelah masuk RS.

Fakta-fakta Tentang Rizki, Bocah Obesitas yang Kondisinya Lebih Parah Dari Aryakemanusiaan.id

Pada Jumat (22/7) pagi, Rizki alami tidur panjang dan sulit dibangunkan. Dokter yang menangani pun langsung membawa Rizki ke ICU. Lia mengatakan kalau putranya tiba-tiba alami koma. Tim dokter yang berjumlah 24 orang pun lakukan penanganan intensif. Rizki mulai stabil setelah dibantu mesin ventilator.

Kondisi Rizki lebih parah daripada Arya.

Fakta-fakta Tentang Rizki, Bocah Obesitas yang Kondisinya Lebih Parah Dari Aryatribunnews.com

Jika dalam kasus Arya, menurut dr Yulis Anzar, spesialis Anak di RSMH Palembang, tumpukan lemaknya menonjol keluar. Namun, untuk kasus Rizki, tumpukan lemak justru tertahan di dalam sehingga organ dalam tubuh terhimpit oleh lemak. Selain itu, Rizki juga alami Obstructive Sleep Apnoea (OSA) yang membuatnya kesulitan tidur. Kesulitan tidur itu diakibatkan suplai oksigen yang terhenti sementara dan mengakibatkan Rizki sulit bernapas.

Selain itu, terdapat pula benjolan amandel yang semakin mempersempit jalannya pernapasan Rizki. Bocah kelas enam SD itu juga mengalami pelebaran ruang di jantungnya. Sampai saat ini juga Rizki masih dirawat secara intensif dibarengi terapi gizi.

Mata Rizki sempat merah dan bengkak.

Fakta-fakta Tentang Rizki, Bocah Obesitas yang Kondisinya Lebih Parah Dari Aryaliputan6.com

Saat proses terapi gizi, sebelum alami koma, Rizki sempat tiba-tiba menangis. Hal tersebut terjadi karena matanya yang tiba-tiba merah dan mulai membengkak. Setelah itu dokter hentikan proses terapi.

Saat ini pernapasan Rizki dibantu dengan alat.

Fakta-fakta Tentang Rizki, Bocah Obesitas yang Kondisinya Lebih Parah Dari Aryatribunnews.com

Rizki harus bernapas dengan mesin ventilator agar suplai oksiden ke otak dan paru-paru tetap berjalan. Saat dalam kondisi koma, meski begitu, keluarga mengaku putra bungsu dari tujuh bersaudara itu sempat merespons. Tubuh Rizki sempat bergerak saat sang ibu memanggil dirinya, tapi matanya masih tertutup.

Rizki bangun setelah koma 11 jam.

Fakta-fakta Tentang Rizki, Bocah Obesitas yang Kondisinya Lebih Parah Dari Aryatribunnews.com

Rizki akhirnya sadarkan diri pada pukul 21.30 WIB, Jumat kemarin. Orangtua dan tujuh bersaudara pun mengaku bersyukur dan senang. Uniknya, begitu sadar, kata pertama yang diucapkan adalah 'mama'. Dengan nada sayu, bocah tersebut beberapa kali memanggil ibunya. Sang ibu pun tidak sanggup menahan air mata bahagia.

Orangtua dan keluarga Rizki pun berharap tim dokter dapat membantu penanganan kondisi Rizki. Diharapkan pula Rizki segera sembuh dari kondisinya.

Baca Juga: Peneliti Mengungkap “Lemak Visceral” Perut Buncit Jadi Penyebab Penyakit Jantung

Topik:

Berita Terkini Lainnya