Ketua KPU Tutup Usia, dari Kerabat Hingga Sahabat Berikan Pujian

Hari ini juga pelayat memenuhi rumah duka

Kabar duka datang dari dunia politik Indonesia, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik meninggal dunia, Kamis (7/7). Husni dikabarkan menghembuskan napas terakhir pada Kamis Malam, 21.00 WIB di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP). Awalnya, seperti dikutip dari kompas.com, pihak keluarga mengaku kalau Ketua KPU tersebut mengeluh sakit pada bagian kakinya, Rabu (6/7) malam.

Setelah itu, Husni pun dibawa ke rumah sakit dekat rumah, tapi dirujuk ke instalasi yang lebih besar karena kadar gula yang tinggi. Kemudian, keluarga pun membawanya ke RSPP pada Kamis pagi dan langsung masuk IGB, lalu dipindahkan ke ICU. Husni dirawat seharian di RSPP, tapi jelang malam, kadar gulanya kembali meningkat.

Pukul 20.50 WIB, keadaan Husni kian memburuk, sampai komunikasi Husni dengan keluarga dan kerabat berhenti. Tindakan darurat dilakukan pihak dokter, tapi tiba-tiba Husni mengalami gagal napas. Kejadian yang cepat tersebut pun membuat Husni dinyatakan meninggal pada pukul 21.00 WIB.

Husni dikenal tidak pernah menunjukkan rasa sakit.

Ketua KPU Tutup Usia, dari Kerabat Hingga Sahabat Berikan Pujianhumas.banyuasinkab.go.id

Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto mengakui bahwa dirinya kagum dengan sosok Husni. Novanto mengatakan bahwa dirinya tidak pernah mendengar Husni mengeluh soal rasa sakit. Kemudian, Husni juga dikenal sebagai orang yang tidak pernah membahas masalah kesehatannya. Novanto pun menggambarkan Husni sebagai sosok pemimpin yang amanah, bertanggungjawab, berani dan tegas dalam mengambil keputusan.

Akan tetapi, hal berbeda diungkapkan Wakil Ketua Komisi IV DPR Viva Yoga Mauladi. Viva Yoga mengaku sempat menghubungi Husni pada Kamis pagi untuk ucapkan selamat Lebaran melalui telepon. Kepada Viva, Husni sempat mengeluhkan gangguan pernapasan yang dialami. Husni pun mengaku akan berobat ke rumah sakit.

Kemudian, ketika ditanya soal pencalonan diri kembali sebagai Ketua KPU, Husni mengaku kalau dirinya tidak ingin jadi pemimpin lagi. Kepada Viva juga, Husni mengatakan bahwa dirinya ingin istirahat dengan tidak terjun ke dunia pemilihan umum lagi.

Pujian dari kerabat dan pejabat berdatangan.

Ketua KPU Tutup Usia, dari Kerabat Hingga Sahabat Berikan Pujiankompas.com

Jenazah Husni disemayamkan di rumah duka, Jalan Siaga Raya, Nomor 23A, Pejaten Jakarta Selatan. Sejak pukul 09.00 WIB sejumlah pejabat dan kerabat Husni pun berdatangan untuk melayat. Di antara para pelayat terlihat Kapolri Badrodin haiti dan politisi PAN Hatta Radjasa yang terlebih dahulu memberi rasa belasungkawanya kepada pihak kelaurga. Kemudian hadir pula Mendikbud Anies Baswedan dan Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie.

Jimly pun mengaku terkejut dengan kabar meninggalnya Husni. Dirinya mengaku kalau sangat kehilangan atas kejadian ini. Menurut Jimly, Almarhum sejak muda telah memiliki pretasi cemerlang, hingga berhasil dalam mempin KPU-RI.

Baca Juga: 6 Hal yang Bisa Bikin Kamu Menyesal Jika Memilih Golput di Pilkada Mendatang

Ketua KPU Tutup Usia, dari Kerabat Hingga Sahabat Berikan Pujiantokohindonesia.com

Di tempat yang berbeda, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad mengaku terkejut dengan kabar tersebut. Namun, Muhammad mengatakan dirinya sempat bertemu dengan Husni beberapa waktu lalu. Muhammad juga mengatakan bahwa Husni adalah sosok yang peduli dengan kemelekan politik masyarakat. Husni diakui ingin membuat masyarakat sadar akan peran penting publik dalam dunia politik terutama saat pemilihan umum, yakni menggunakan hak pilih.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung pun menyampaikan duka mendalam atas meninggalkan Husni. Dirinya mengaku kehilangan seorang sahabat. Pramono sendiri memuji Husni dengan mengatakan bahwa dirinya adalah pemimpin dan pemikir muda yang penuh dedikasi dalam pekerjaan dan tugas yang diemban. Pramono juga memuji kemampuan Husni yang membuat KPU dalam selenggarakan Pilkada serentak pertama kali pada 2015 secara damai dan aman.

Jaga dunia maya pun dipenuhi dengan ucapan belasungkawa dari berbagai politisi dan pejabat, salah satunya Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Ridwan Kamil pun tidak ketinggalan ucapkan belasungkawa.

Mahfud MD mengaku tidak menduga atas wafatnya Ketua KPU.

Pengamat Sepakbola, Pangeran Siahaan pun turut berdukacita.

 

Ketua KPU Tutup Usia, dari Kerabat Hingga Sahabat Berikan Pujiantokohindonesia.com

Pengamat politik Gun Gun Heryanto pun mendoakan yang terbaik untuk Husni.

Politisi dan pengusaha Sandiaga Uno juga berdoa agar Husni diterima di sisi-Nya.

 

Ketua KPU Tutup Usia, dari Kerabat Hingga Sahabat Berikan Pujiankompas.com

Almarhum meninggal di usia 40 tahun, dan meninggalkan istri, Endang Mulyani dan tiga anak, MA Afifuddin Manik, Abid WA Manik serta Nuraisyah H Manik. Setelah acara penghormatan di rumah duka selesai, jenazah akan dishalatkan di Kompleks Polri siang nanti, kemudian akan dimakamkan di TPU Jeruk Purut.

Baca Juga: Ketua KPU: Warga Indonesia Harus Aktif Dalam Pelaksanaan Pilkada

Topik:

Berita Terkini Lainnya