Kontroversi Jokowi Injak Podium Merah Putih, Ini Jawaban Istana!

Sudah ada sejak zaman SBY...?

Kicauan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo pada hari Minggu 2 Oktober 2016 menuai perhatian netizen. Sebuah foto diunggah dari pemberitaan media terkait upacara Hari Kesaktian Pancasilan 1 Oktober 2016 kemarin di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta.

Roy mempermasalahkan podium tempat Presiden Joko Widodo berdiri saat menjadi pemimpin upacara. Podium tersebut dianggap tertutup bendara merah putih. Dengan kata lain, Jokowi dianggap menginjak bendera merah putih. Roy melalui akun Twitter-nya @KRMTRoySuryo mengatakan...

Tweeps, Apa tidak ada yg mengkoreksi Podium Upacara ini? Dasar Merah Putih?

Kicauan tersebut disertakan foto Jokowi yang sedang bersikap hormat saat Sang Saka Merah Putih dinaikkan oleh petugas. Posisi Jokowi memang berdiri di podium yang ditutupi kain berwarna merah putih. Netizen pun menanggapi hal ini, tapi nampaknya tidak sesuai ekspektasi Roy Suryo.

Netizen anggap Roy Suryo sebagai "Kompor".

Kontroversi Jokowi Injak Podium Merah Putih, Ini Jawaban Istana!twitter.com/KRMTRoySuryo

Netizen justru melawan kicauan sindiran tersebut dengan memberikan bukti bahwa pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga menggunakan podium serupa. Ya, podium merah putih ini tidak bertujuan untuk menghina bendera merah putih.

Akun @o_pripot pun mengatakan kalau Roy Suryo kurang tepat mempermasalahkan podium ini karena telah digunakan sejak zaman pemerintahan SBY.

Kontroversi Jokowi Injak Podium Merah Putih, Ini Jawaban Istana!twitter.com/o_pripot

Bahkan, ada netizen yang menyebut Roy coba untuk 'menyulut api'. Roy disebut sebagai 'kompor'.

Kontroversi Jokowi Injak Podium Merah Putih, Ini Jawaban Istana!twitter.com/LieDetectorID

 

Kontroversi Jokowi Injak Podium Merah Putih, Ini Jawaban Istana!twitter.com/khairfadly

Nah, benarkah kalau podium ini sudah ada sejak zaman SBY?

Baca Juga: Tipe Peserta Upacara Bendera Seperti Apa Kamu?

SBY dan podium merah putih.

Kontroversi Jokowi Injak Podium Merah Putih, Ini Jawaban Istana!poskotanews.com

Dikutip dari Kompas.com, podium serupa yang dibahas Roy dengan netizen adalah benar adanya telah dipakai sejak zaman SBY. SBY kala itu juga menjadi pemimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lokasi yang sama pada 2013.

Fotonya diambil dari pemberitaan media. Dalam foto tersebut juga SBY juga sedang dalam keadaan hormat.

Kontroversi Jokowi Injak Podium Merah Putih, Ini Jawaban Istana!Sandro Gatra / Kompas.com

Atas hal tersebut pun Istana pun angkat bicara.

Bukan bendera merah putih.

Kontroversi Jokowi Injak Podium Merah Putih, Ini Jawaban Istana!poskotanews.com

Sekretaris Militer Presiden Marsekal Pertama TNI Hadi Tjahjanto mengatakan kalau warna merah putih itu bukan bendera. Dalam Undang Undang terkait Bendera Kebangsaan, yang dimaksud dengan bendera RI adalah kain berukuran 2 x 3 berwarna merah dan putih serta dikibarkan di tiang bendera.

Hadi menjelaskan kalau di luar ketentuan tersebut bukanlah bendera RI. Dengan kata lain, tidak ada masalah dengan podium yang jadi lokasi SBY dan Jokowi berdiri saat upacara tersebut. Hadi bahkan mengatakan kalau yang dipijak Jokowi juga karpet merah dan merupakan tanda tamu kehormatan.

Kicauan Roy ini masih belum dihapus, tapi tidak banyak netizen yang mendukung hal tersebut. Menurutmu sendiri apakah Jokowi berdiri di atas merah putih?

Baca Juga: Yum! Ini Bendera Kenegaraan Terlezat yang Pernah Kamu Lihat!

Topik:

Berita Terkini Lainnya