Setelah Dikecam Karena Injak Patung Pahlawan, Akankah ABG Ini Jadi Duta Pahlawan?

Belajar dari para pelanggar-pelanggar lain

Akun Facebook dengan nama Fani Canali mengunggah foto kumpulan pemuda yang menginjak patung pahlawan. Patung yang diinjak diduga berada di Simalungun, Sumatera Utara. Foto-foto tersebut diunggah pada 27 April silam. Aksi para ABG itu pun mendapat kecaman dari para netizen.

Delapan pemuda ini dianggap menghina pahlawan.

Setelah Dikecam Karena Injak Patung Pahlawan, Akankah ABG Ini Jadi Duta Pahlawan?Sumber Gambar: facebook.com/fani.canali

Aksi delapan pemuda yang dengan santainya duduk di atas kepala patung pahlawan revolusi ini pun dikecam. Orang-orang menganggap mereka tidak menghargai para pahlawan yang ada di deretan patung tersebut.

Kecaman netizen.

Setelah Dikecam Karena Injak Patung Pahlawan, Akankah ABG Ini Jadi Duta Pahlawan?Sumber Gambar: facebook.com/fani.canali

Akun Facebook Tri Melinda Sari pun mengecam dengan mengatakan, "PPKn nya nol para pemuda ini." Kemarahan juga ditunjukkan akun Facebook Herry "Mereka sungguh tak bisa menghargai jasa2 Pahlawan, begini kah caranya mereka menghormati pahlawan Bangsa, sungguh tak patut."

Abi Ismail Saham mengecam dengan meminta para ABG itu ditangkap, "Tangkaplah." Akun Facebook Imam Risman juga mengatakan, "Kurang ajar..!!".

Baca Juga: 11 Film Indonesia yang Menceritakan Kisah Nyata Para Pahlawan

Akankah para pemuda tersebut jadi 'Duta Pahlawan'?

Setelah Dikecam Karena Injak Patung Pahlawan, Akankah ABG Ini Jadi Duta Pahlawan?Sumber Gambar: pikiran-rakyat.com

Berkaca dari kasus yang melibatkan pedangdut Zaskia Gotik terkait penghinaan terhadap Pancasila, seperti dikutip dari kompas.com, Zaskia menjadi 'Duta Pancasila' oleh MPR. Zaskia dianggap masih bisa mempelajari Pancasila selagi menjadi 'Duta Pancasila'. Pihak MPR juga berharap profesi Zaskia sebagai publik figur akan mudah memberikan pengaruh bagi banyak orang.

Setelah Dikecam Karena Injak Patung Pahlawan, Akankah ABG Ini Jadi Duta Pahlawan?Sumber Gambar: facebook.com/fani.canali

Para pelaku ini seakan-akan sengaja dijadikan ikon karena dia hanya meminta maaf dan masalah selesai. Maka, muncullah pertanyaan, apakah para pemuda yang menginjak patung pahlawan ini akan jadi 'Duta Pahlawan'?

Seperti dilansir republika.co.id, Polres Simalungun sedang melakukan pencarian terhadap para pemuda tersebut. Pemuda tersebut dianggap telah melanggar Undang-Undang No. 24 Tahun 2009 tentang pelecehan lambang negara.

Baca Juga: Hina Lambang Negara, Zaskia Gotik Justru Jadi Duta Pancasila: Apa Alasannya?

Topik:

Berita Terkini Lainnya