Resmikan Layanan Baru KC Tangerang Cikokol, BPJAMSOSTEK Hadirkan Ini 

Seluruh kantor cabang hadir mengusung konsep green design

Jakarta, IDN Times -- Terus konsisten memberikan pelayanan terbaik, BPJS Ketenagakerjaan kembali meresmikan wajah baru layanan dengan menggelar housewarming di kantor cabang Tangerang Cikokol. Saat ini layanan BPJS Ketenagakerjaan di seluruh kantor cabang hadir dengan mengusung konsep green design yang mana tampilannya akan semakin fresh dan hangat, sekaligus ramah penyandang disabilitas.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Roswita Nilakurnia didampingi Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Ujang Hendra yang mewakili Wali Kota Tangerang dan Ketua DPK Apindo Kota Tangerang Ismail meninjau langsung proses layanan sekaligus berdialog dengan beberapa peserta.

1. Perubahan sejalan dengan visi Kota Tangerang, yakni memberikan pelayanan publik yang terbaik

Resmikan Layanan Baru KC Tangerang Cikokol, BPJAMSOSTEK Hadirkan Ini BPJS Ketenagakerjaan menghadirkan aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) untuk kemudahan. (IDN Times/Jihad Akbar)

Ujang Hendra mengapresiasi inisiatif BPJS Ketenagakerjaan untuk semakin mendekatkan diri dengan para peserta lewat beragam inovasi layanan yang diberikan. Menurut dia, hal tersebut sejalan dengan visi Kota Tangerang untuk memberikan pelayanan publik yang terbaik untuk masyarakat Kota Tangerang.

“Dengan housewarming ini, pelayanannya dipermudah, pelayanannya diperbaharui dengan mengedepankan digitalisasi, sudah jelas berarti masyarakat sudah tidak perlu mengantre lagi, tidak perlu datang secara berbondong-bondong untuk mencari informasi. Tetapi, cukup dengan apa yang sudah dibuat dengan fitur-fitur yang ada seperti JMO, bahkan ada yang 24 jam dan kita Pemerintah Kota Tangerang siap berkolaborasi dengan satu data dan kita akan mencoba mempermudah bagaimana caranya kita bisa terkoneksi abtara JMO dan Tangerang Live,” ujar Ujang.

Dia menambahkan, Pemerintah Kota Tangerang selama ini terus bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan manfaatnya sudah sangat dirasakan oleh masyarakat, terutama program perlindungan untuk para pekerja rentan.

Baca Juga: Jalankan Inpres Program Jamsostek, Kinerja Pemprov Jabar Diapresiasi

2. BPJAMSOSTEK ingin memberikan experience terbaik bagi para peserta

Resmikan Layanan Baru KC Tangerang Cikokol, BPJAMSOSTEK Hadirkan Ini Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Roswita Nilakurnia menjelaskan tentang layanan baru BPJAMSOSTEK. (Dok. BPJAMSOSTEK)

“Pemerintah Kota Tangerang sudah mendaftarkan petugas RT/RW, marbot, guru ngaji, dan manfaatnya sudah dangat dirasakan. Kita terus bekerja sama untuk melindungi pekerja dan memastikan pekerja mendapatkan hak- hak dari menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Sementara itu, Roswita menjelaskan bahwa kegiatan hari ini menjadi momentum yang bisa dimanfaatkan oleh warga Tangerang yang juga merupakan peserta untuk merasakan perubahan yang telah dilakukan BPJS Ketenagakerjaan. 

“Kami ingin memberikan experience terbaik bagi para peserta kami, improvement yang kami lakukan ini agar pekerja merasakan betul manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, tidak hanya display tempatnya, tetapi juga kapasitas people dan prosesnya,” kata Roswita.

3. BPJAMSOSTEK juga melakukan transformasi layanan dengan simplifikasi proses klaim melalui JAMSOSTEK Mobile (JMO)

Resmikan Layanan Baru KC Tangerang Cikokol, BPJAMSOSTEK Hadirkan Ini BPJS Ketenagakerjaan menghadirkan aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) untuk kemudahan. (IDN Times/Jihad Akbar)

Lebih jauh, Roswita menjelaskan bahwa implementasi new service blueprint telah dilakukan secara bertahap di 325 kantor cabang seluruh Indonesia sejak Maret tahun lalu. Perubahan yang dilakukan berfokus pada customer centric, sesuai dengan kebutuhan para peserta yang menginginkan pelayanan yang modern, informatif, dan mudah diakses. 

Tidak hanya dari sektor fisik, BPJS Ketenagakerjaan juga melakukan transformasi layanan dengan simplifikasi proses klaim melalui JAMSOSTEK Mobile (JMO) yang berhasil memangkas proses klaim dari 5 hari menjadi hanya 15 menit. Terdapat juga layanan 24/7 yang siap melayani peserta kapan pun membutuhkan informasi.

Aplikasi JMO dikembangkan dengan penambahan berbagai fitur yang dapat memenuhi kebutuhan peserta, di antaranya fitur manfaat layanan tambahan perumahan pekerja yang diperuntukan bagi pekerja yang membutuhkan fasilitas pembiayaan perumahan, fitur konsultasi untuk persiapan masa pensiun, fitur alternatif penyediaan pinjaman konsumtif kepada peserta, serta beragam fitur lain. Di antaranya fitur promo, fitur streaming, fitur e-wallet, fitur top-up, hingga fitur inclusive job center.

4. Dengan menjadi peserta, pekerja fokus bekerja tanpa harus merasakan kecemasan akan risiko dalam pekerjaan

Resmikan Layanan Baru KC Tangerang Cikokol, BPJAMSOSTEK Hadirkan Ini Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Roswita Nilakurnia memberikan santunan kepada peserta BPJAMSOSTEK. (Dok. BPJAMSOSTEK)

Mengakhiri kunjungannya, Roswita mengajak seluruh pekerja, khususnya di wilayah Tangerang, untuk memastikan dirinya terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan agar pekerja dapat fokus bekerja untuk dirinya dan keluarga tanpa harus merasakan kecemasan akan risiko di dalam pekerjaan.

“Kami akan terus memperluas cakupan peserta yang akan menerima manfaat layanan BPJS Ketenagakerjaan, seperti kampanye komunikasi kami dan juga sosialisasi masif bertemakan 'Kerja Keras Bebas Cemas' bahwa kami sudah siapkan layanan terbaik, pekerja dapat bekerja dengan keras, dengan optimal, segala kecemasan akan hari tua akan perlindungan diri biar BPJS Ketenagakerjaan yang menanggung,” kata Roswita. (WEB)

Baca Juga: Belum Semua Perusahaan di Purwakarta Taat Bayar Iuran BP Jamsostek

Topik:

  • Ahmad Faisal

Berita Terkini Lainnya