Dibantu Alsintan, Pertanian Karawang Diharapkan Lebih Maksimal

Untuk tingkatkan produktivitas

Karawang, IDN Times -- Sektor pertanian di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, diharapkan bisa lebih maksimal untuk meningkatkan produktivitas. Terlebih, Karawang mendapatkan bantuan berupa sejumlah alat dan mesin pertanian.  

Bantuan alsintan tersebut diantaranya adalah Traktor Roda 2 dan Traktor roda 4 untuk pengolahan lahan.

1. Bantuan diharapkan bisa dimaksimalkan

Dibantu Alsintan, Pertanian Karawang Diharapkan Lebih MaksimalMenteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap bantuan alsintan ini bisa dimaksimalkan petani.

"Alsintan sangat efektif untuk membantu petani meningkatkan produktivitas. Karena, alsintan bisa mengurangi losses. Oleh karena itu, kita berharap petani bisa memanfaatkannya," katanya.

2. Indonesia harus menerapkan pertanian modern

Dibantu Alsintan, Pertanian Karawang Diharapkan Lebih MaksimalAlat mesin pertanian (Alsintan). (Dok. Kementan)

Sementara Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Ali Jamil, menjelaskan jika Indonesia sudah harus menerapkan pertanian modern.

"Salah satu ciri pertanian modern adalah pemanfaatan alsintan. Banyak keuntungan yang didapat petani dengan memanfaatkan alsintan. Diantaranya biaya produksi bisa ditekan karena tidak melibatkan banyak orang. Alsintan juga bisa membantu percepatan tanam dan panen, sehingga pekerjaan menjadi efektif dan efisien," jelasnya.

Direktur Alsintan Ditjen PSP Kementan, Andi Nur Alamsyah, menjelaskan hal serupa.

"Alsintan sangat bermanfaat. Misalnya untuk mengolah lahan. Dengan cara konvensional, mengolah lahan membutuhkan waktu berhari-hari dengan melibatkan sejumlah orang. Tapi dengan alsintan berupa traktor, olah lahan hanya butuh beberapa jam dengan seorang operator saja," terangnya.

3. Diharapkan bermanfaat untuk petani Karawang

Dibantu Alsintan, Pertanian Karawang Diharapkan Lebih MaksimalMentan Syahrul Yasin Limpo mencoba menggunakan alsintan. (Dok. Kementan)

Terpisah, Bupati Karawang, Cellica Nurachadiana, berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat untuk petani Karawang.  

"Harapan kami tentunya bantuan ini dapat digunakan untuk bersama-sama bergabung dalam layanan unit usaha sehingga dapat bergerak terus dan bermanfaat bagi kelompok tani yang lainnya," ujarnya. (WEB) 

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya