DJSN dan BPJS Kesehatan Luncurkan Buku Statistik JKN 2015-2019

Berisi capaian dan perkembangan Program JKN-KIS

Jakarta, IDN Times -- Untuk memastikan Program JKN-KIS telah berhasil menjamin pesertanya dalam memperoleh manfaat jaminan kesehatan, Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) bersama BPJS Kesehatan melakukan kajian terhadap penyelenggaraan Program JKN-KIS. Hasil kajian tersebut dituangkan dalam Buku Statistik JKN 2015-2019 bertema “Jalan Menuju JKN Semesta: Mendekatkan Layanan Hingga Pelosok Indonesia & JKN di Masa Pandemi” yang diluncurkan hari ini, Senin (18/10).

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti menjelaskan, buku tersebut berisi gambaran capaian dan perkembangan Program JKN-KIS yang disajikan dalam bentuk indikator kepesertaan, iuran dan pelayanan BPJS Kesehatan sesuai dengan Peta Jalan Jaminan Kesehatan Nasional. Ghufron mengatakan, buku tersebut merupakan bukti pertanggungjawaban penyelenggaraan Program JKN-KIS oleh BPJS Kesehatan, serta DJSN selaku pengawas penyelenggaraan program jaminan sosial. 

1. Wujud penerapan prinsip transparansi

DJSN dan BPJS Kesehatan Luncurkan Buku Statistik JKN 2015-2019Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti. (Dok. BPJS Kesehatan)

“Buku ini juga adalah wujud keterbukaan kami kepada seluruh pemangku kepentingan untuk dapat mengakses data dan informasi terkait dengan penyelenggaraan Program JKN-KIS, serta sebagai wujud penerapan prinsip transparansi dalam penerapan tata kelola yang baik (good governance) di BPJS Kesehatan,” katanya dalam peluncuran buku yang digelar daring tersebut.

Menurut Ghufron, data-data statistik yang disajikan dalam buku ini dapat menjadi sarana informasi yang bisa dipergunakan para pemangku kepentingan, akademisi, peneliti serta semua pihak, dalam rangka memberikan rekomendasi perbaikan terkait penyelenggaraan Program JKN-KIS. Ghufron pun berharap, buku tersebut bisa menjadi legacy bagi BPJS Kesehatan maupun DJSN, serta menjadi salah satu sarana untuk mengenalkan Program JKN-KIS lebih dekat kepada publik. 

2. Berikan informasi kepada publik

DJSN dan BPJS Kesehatan Luncurkan Buku Statistik JKN 2015-2019Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti saat membuka webinar internasional yang diselenggarakan National Health Insurance Service (NHIS) Korea, Kamis (5/8/2021). (Dok. BPJS Kesehatan)

Sementara itu, Plt. Ketua DJSN Mohamad Subuh mengatakan, Buku Statistik JKN 2015-2019 diterbitkan untuk memberikan informasi kepada publik sejauh mana Program JKN-KIS telah mencapai tujuannya, melanjutkan informasi tahunan yang sebelumnya telah dipublikasikan dalam Buku Statistik JKN 2014-2018.

“Dalam buku ini, capaian Program JKN-KIS disajikan dalam bentuk angka standar yang secara obyektif mengukur akses dan konsumsi layanan kesehatan oleh peserta JKN-KIS. Sepanjang perjalanannya, Program JKN-KIS terbukti mampu meningkatkan akses warga Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Ini adalah hal yang menggembirakan. Oleh karena itu, penguatan penyelenggaraan Program JKN-KIS menjadi salah satu upaya yang harus kita lakukan bersama dalam meningkatkan kualitas pembangunan SDM Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing,” katanya.

3. Wujudkan pelindungan sosial bagi masyarakat lewat Program JKN-KIS

DJSN dan BPJS Kesehatan Luncurkan Buku Statistik JKN 2015-2019Petugas BPJS Kesehatan menunjukan kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) online miliknya di kantor Pelayanan BPJS Kesehatan Jakarta Selatan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa peluncuran buku statistik ini punya nilai strategis untuk  menyinergikan upaya lintas instansi dalam mewujudkan perlindungan sosial bagi seluruh penduduk melalui Program JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan.

“Kita harus bertekad memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam rangka menuju pelayanan kesehatan semesta. Semoga BPJS Kesehatan bisa terus mengadopsi perkembangan teknologi informasi dalam mendukung data-data yang diperlukan dalam memberikan pelayanan,” ujarnya.

Sebagai informasi, acara tersebut juga menghadirkan Anggota DJSN, Asih Eka Putri sebagai pembicara, serta Ketua Komite III DPD RI, Sylviana Murni dan Director Office of Health USAID Indonesia, Pamela Foster dalam sesi pembukaan. (WEB)

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya