Kementan Dukung Pertanian di Kendari dengan RJIT

Pastikan pertanian mendapatkan air

Jakarta, IDN Times -- Kementerian Pertanian memberikan dukungan untuk meningkatkan produktivitas pertanian Desa Baruga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari.

Dukungan tersebut berupa kegiatan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier atau RJIT.

1. Pastikan lahan mendapatkan air

Kementan Dukung Pertanian di Kendari dengan RJITSalah satu program Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menghadapi perubahan iklim adalah Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT). (Dok. Kementan)

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan RJIT dilakukan untuk memastikan lahan pertanian mendapatkan air 

"Air adalah bagian penting dalam pertanian. Untuk itu, Kementerian Pertanian memberikan dukungan berupa RJIT untuk memastikan lahan-lahan pertanian bisa mendapat air yang mencukupi," katanya, Sabtu (5/11/2022).

2. Infrastruktur penting

Kementan Dukung Pertanian di Kendari dengan RJITProgram Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT). (Dok. Kementan)

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil menjelaskan jika RJIT merupakan infrastruktur pertanian yang penting dalam menyediakan air untuk lahan pertanian.

"RJIT merupakan kegiatan untuk mendukung atau membenahi saluran tersier irigasi yang terganggu. Dengan RJIT, fungsi irigasi tersebut semakin maksimal. Bahkan, jangkauannya semakin diperluas," ujarnya.

3. Dukung peningkatan produktivitas

Kementan Dukung Pertanian di Kendari dengan RJITSalah satu program Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menghadapi perubahan iklim adalah Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT). (Dok. Kementan)

Ali menjelaskan, RJIT bisa mendukung peningkatan produktivitas dan indeks pertanaman, juga meningkatkan luas lahan untuk ditanam. Salah satu kegiatan RJIT Kementan dilakukan pada Kelompok Tani Samaturu II di Desa Baruga ini sepanjang 135 meter dapat mengaliri hingga 50 Hektare. 

“Untuk memastikan seluruh lahan bisa mendapatkan air yang mencukupi, Kita melakukan rehabilitasi jaringan irigasi, khususnya pada jaringan tersier. Rehabilitasi yang dilakukan ini harus terus dijaga agar dapat dipastikan air selalu tersedia hingga ke lahan,” jelas Ali. (WEB)

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya