Kementan Perbaiki Jaringan Irigasi Tersier 100 Hektar Sawah di Lahat

Peningkatan produktivitas pertanian di Lahat

Lahat, IDN Times -- Kementerian Pertanian (Kementan) terus memperbaiki irigasi pertanian melalui program kegiatan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Pertanian (RJIT). Kali ini program RJIT diprogramkan untuk menjangkau 100 hektar lahan sawah petani di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menerangkan, salah satu tujuan penyelenggaraan program RJIT adalah peningkatan produktivitas pertanian di Kabupaten Lahat. "Program RJIT ini untuk mendukung peningkatan produktivitas pertanian. Kami tengah fokus menggenjot produktivitas yang salah satunya didorong melalui program RJIT ini," ujar Mentan SYL.

1. Air merupakan kebutuhan pokok pertanian

Kementan Perbaiki Jaringan Irigasi Tersier 100 Hektar Sawah di LahatDok. Kementan

Menurut dia, air merupakan kebutuhan pokok dalam sistem pertanian. Untuk itu, pasokannya mesti diperhatikan dengan baik agar pertanian tak terganggu. "Dalam pertanian air itu harus selalu tersedia. Maka dari itu, manajemen air merupakan hal yang harus diperhatikan," ujar Mentan SYL.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Ali Jamil menegaskan pentingnya penataan manajemen air mulai dari hulu hingga hilir. Pemetaan pun harus dilakukan, di mana letak irigasi sekunder, primer maupun tersier dan kuarter. Maka penataannya harus baik. Di sinilah pentingnya manajemen dan tata kelola air," tutur Ali.

2. Irigasi terganggu bisa pengaruhi seluruh sektor pertanian

Kementan Perbaiki Jaringan Irigasi Tersier 100 Hektar Sawah di LahatFoto di udara irigasi pertanian di areal pesawahan Purbaratu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. (Dok. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Menurut dia, jika saluran irigasi terganggu maka akan berpengaruh pada keseluruhan sektor pertanian di wilayah tersebut. "Kalau irigasinya terganggu maka produktivitasnya juga akan terganggu, karena tidak adanya jaminan ketersediaan air," ujar Ali.

Program RJIT ini dilaksanakan untuk meningkatkan kondisi infrastruktur jaringan, sehingga fungsi layanan irigasi pertanian dapat ditingkatkan," kata dia.

3. RJIT dapat tingkatkan luas area tanam

Kementan Perbaiki Jaringan Irigasi Tersier 100 Hektar Sawah di LahatSaluran irigasi tersier dari Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) yang selesai dibangun. IDN Times/Daruwaskita

Direktur Irigasi Pertanian Ditjen PSP Kementan, Rahmanto menambahkan, RJIT bisa meningkatkan luas areal tanam dan indeks pertanaman, termasuk meningkatkan partisipasi Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A)/Gabungan (GP3A)/Kelompok Tani (Poktan)/Gabungan Poktan dalam pengelolaan jaringan irigasi.

Secara teknis, Rahmanto menerangkan jika program RJIT di Kabupaten Lahat disalurkan untuk Kelompok Tani Harapan A di Desa Pagar Dewa, Kecamatan Jerai.

"Targetnya itu 100 hektar dengan panjang saluran irigasi 114 meter, lebar: 1,7 meter dan kedalaman 1 meter," urai Rahmanto. (WEB)

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya